DPRD Kabupaten Malang Paripurna LKPJ Bupati, Penggunaan Anggaran 2023 Berimbas Peningkatan Berbagai Sektor

DPRD Kabupaten Malang Paripurna LKPJ Bupati, Penggunaan Anggaran 2023 Berimbas Peningkatan Berbagai Sektor

Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi SSos memimpin rapat paripurna LKPJ.-Biro Malang Raya-

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Malang Harap Arah Kebijakan Pembangunan Sesuai RPJMD

Sementara itu, dalam laporan yang dibacakan langsung oleh HM Sanusi MM selaku Bupati Malang menyebutkan penggunaan anggaran tahun 2023 yang teralokasi berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Malang.

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Malang Ragukan Kualitas Jalan Ir Soekarno

Ini terlihat pada capaian keberhasilan tahun 2023 sebagai implementasi, RPJMD Kabupaten Malang tahun 2021-2026 secara umum telah sesuai target yang ditetapkan. Diantaranya, kebijakan pariwisata yang terus dijalankan Pemkab Malang, yaitu pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK ) Singhasari yang ditetapkan melalui PP No 68 tahun 2019 tentang KEK.

BACA JUGA:Ketua DPRD Harap Jangan Ada Permainan Biaya Perjalanan Dinas

Selain itu, juga terus dikembangkan potensi pariwisata lainnya, seperti klaster wisata petualang, paralayang, surfing, budaya, religi,  situs dan klaster agribisnis. Juga pengembangan desa wisata yang didukung dengan pembangunan infrastruktur, melalui peningkatan ruas jalan sebagai akses utama menuju lokasi wisata.

“Dengan capaian tersebut banyak desa yang sudah mengalami peningkatan status, desa mandiri 79,89 persen serta sektir lainnya yang terus mengalami peningkatan,” tegas Sanusi.

BACA JUGA:DPRD Bersikukuh Wendit Masuk dalam Penyertaan Modal Pemkab Malang

Ini sebagai gambaran capaian indikator kinerja utama Kabupaten Malang yang juga sebagai gambaran capaian visi misi. Tidak hanya pada pembangunan, capaian lain yaitu terjadinya penurunan kasus konflik sosial dan keagamaan sebesar 37,90 persen. Sedangkan pada reformasi birokrasi sebesar 75,16 persen.

BACA JUGA:Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang, Perencanaan Anggaran Berorientasi HTIS

Sanusi menyampaikan capaian ini tak lepas dari peran serta semua elemen yang terus mendukung pembangunan dan program Pemkab Malang. 

Oleh karena itu, Pemkab Makang secara langsung mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan yang dilakukan semua stakeholder (pemangku kepentingan) dan Forkopimda Kabupaten Malang. (*)

Sumber: