Kamu Ragu Bekerja Freelance? Baca Ini untuk Mengetahui Kisaran Pendapatan Freelance Sesuai Pekerjaannya

Kamu Ragu Bekerja Freelance? Baca Ini untuk Mengetahui Kisaran Pendapatan Freelance Sesuai Pekerjaannya

pendapatan freelance--

SURABAYA, MEMORANDUM - Freelance telah menjadi pilihan karier yang menarik bagi banyak individu yang mencari fleksibilitas dan potensi penghasilan yang lebih besar. 

Namun, bagi yang baru memulai atau yang belum terbiasa dengan pasar freelance, mungkin ada ketidakpastian tentang berapa pendapatan yang bisa diharapkan dan apa saja pekerjaan yang tersedia. 

BACA JUGA:Sukses Bertransformasi, PLN Raih Pendapatan Penjualan Rp 311,1 Triliun pada 2022

Berikut adalah gambaran umum tentang kisaran pendapatan freelance berdasarkan pekerjaannya:

1. Menulis Konten

Seorang penulis konten freelance dapat menghasilkan antara Rp 50.000 hingga Rp 250.000 atau lebih per artikel, bergantung pada panjang dan kompleksitasnya. 

Artikel-blog, konten website, dan materi pemasaran adalah beberapa jenis pekerjaan yang umum dilakukan oleh penulis konten.

2. Desain Grafis

Seorang desainer grafis freelance bisa menghasilkan antara Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan, tergantung pada tingkat keahlian dan kompleksitas proyek. Desain logo, brosur, dan materi promosi visual lainnya adalah beberapa contoh pekerjaan yang sering dilakukan oleh desainer grafis.

BACA JUGA:Perum Perhutani KPH Blitar Perkirakan Rp 38 M Potensi Pendapatan Hilang

3. Penerjemah

Seorang penerjemah freelance dapat menghasilkan antara Rp 500 hingga Rp 5.000 atau lebih per kata, bergantung pada bahasa dan spesialisasi. 

Penerjemahan dokumen, situs web, dan materi pemasaran adalah contoh pekerjaan yang sering dilakukan oleh penerjemah freelance.

4. Pengembangan Web

Sumber: