RW 1 Bulak Helat Posyandu Sebagai Upaya Menyehatkan Bumil dan Balita

RW 1 Bulak Helat Posyandu Sebagai Upaya Menyehatkan Bumil dan Balita

Kegiatan posyandu di Balai RW 1 Bulak.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Kegiatan Posyandu untuk balita dan anak masih rutin digalakkan di SURABAYA. Seperti yang terlihat di Balai RW 1, Jalan Bulak Rukem Timur 1, Kelurahan/Kecamatan Bulak, Rabu, 6 Maret 2024.

Di sana puluhan balita dan anak bersama orang tuanya tampak antusias menjalani imunisasi. Satu per satu mengantre untuk mendapatkan suntik polio, campak, timbang berat badan hingga pemberian multivitamin.

"Kegiatan posyandu balita dan posyandu lansia rutin dilaksanakan selama sebulan sekali," ungkap ketua RW 1 Bulak, Anang Witono. 

Dalam kegiatan posyandu tersebut, Kader Surabaya Hebat (KSH) setempat bekerja sama dengan nakes Puskesmas Kenjeran. Mereka terlihat mengawal dengan baik jalannya posyandu.

BACA JUGA:RW 4 Mrutu Kalianyar Helat Posyandu Sebagai Upaya Lindungi Balita dari Penyakit Menular

Mulai dari menyuntikkan imunisasi, menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, hingga memberikan penyuluhan kepada orang tua balita.

"Lewat kegiatan ini, pemantauan dan perkembangan tumbuh anggota keluarga balita, anak, remaja dan ibu lebih termonitor. Terlebih dengan didukung peralatan sarana prasarana dari Pemkot Surabaya lewat bimbingan di tingkat kelurahan, kecamatan, dan faskes Kenjeran tentang kebutuhan lingkungan kesehatan," papar Anang. 

Menurutnya, kegiatan posyandu dapat dimulai dari peran keluarga. Dia ingin agar para keluarga di wilayahnya bisa lebih aktif dan dikuatkan, supaya program program posyandu ke depan lebih berkesinambungan.

"Dengan begitu dapat mencapai kelayakan dengan segala macam kebutuhan dan problemanya, sehingga berkehidupan lebih baik sebagai warga di Surabaya," tuntas Anang.

BACA JUGA:Optimalisasi dan Pengolahan Akses Pangan Sehat dari Komoditas Desa Randuputih di Posyandu Ibu Hamil dan Balita

Sementara itu, salah satu ibu hamil (bumil), Nanik Rosyidah, merasa terbantu dengan adanya kegiatan posyandu. Pelayanannya pun nyaman dan ramah anak.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Kondisi kesehatan saya dimonitor hingga nanti menjelang kehamilan. Menurut saya, kegiatan posyandu ini sangat bermanfaat dan harus terus didukung,” tutur Nanik.(bin)

Sumber: