16 Besar Liga Champions 2023/2024, Gol Tunggal Brahim Diaz Bawa Madrid Taklukan Leipzig

16 Besar Liga Champions 2023/2024, Gol Tunggal Brahim Diaz Bawa Madrid Taklukan Leipzig

Pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak Brahim Diaz. --

MEMORANDUM - Leg 1 babak 16 besar Liga Champions 2023/2024 antara tuan rumah RB Leipzig menghadapi Real Madrid dimenangkan tim tamu melalui gol tunggal Brahim Diaz di awal babak kedua.

Kedua kesebelasan bermain cukup berimbang pada pertandingan yang di gelar di Leipzig Arena, Rabu 14 Februari 2024 dini hari WIB.

Penguasaan bola kedua dibilang sama yakni 50% - 50% dan total tembakan 14 untuk Leipzig dan 15 untuk Madrid.

Namun untuk shon on target tim tuan rumah lebih efektif yakni 9 sedangkan Los Blancos 3 shot on target.

Leipzig sejatinya unggul cepat pada menit ke-3. Berawal dari umpan Xaver Schlager ke tiang jauh yang mengarah ke Benjamin Sesko, lalu Sesko menanduk bola dan menjebol gawang Andriy Lunin.

Namun setelah ditinjau video assistant referee (VAR) gol tersebut dibatalkan karena terjadi pelanggaran offside.

Madrid kesulitan mengembangkan permainan di babak pertama karena tim tuan rumah bermain agresif. Tanpa Jude Bellingham, lini serang Madrid terlihat kurang menggigit.

BACA JUGA:Gilas Girona 4 Gol tanpa Balas, Real Madrid Kokoh di Puncak Klasemen La Liga

BACA JUGA:Supercopa Spanyol: Real Madrid Tekuk Atletico, 5-3 Kroos Dicemooh Fans

Pada menit kesembilan, Madrid mendapat peluang pertama lewat Eduardo Camavinga yang melepaskan sepakan keras tapi bola bisa diadang Peter Gulasci.

Pada menit ke-15 Benjamin Henrichs memiliki peluang dari tendangan spekulasi jarak jauh yang masih berhasil ditangkap kiper Andriy Lunin.

Tidak mau kalah, 4 menit berselang giliran Toni Kroos juga melakukan tendangan keras jarak jauh. Sayangnya tendangan tersebut tepat mengarahkan ke penjaga gawang.

Leipzig masih mendominasi permainan dan beberapa kali membuat ancaman lewat lebar lapangan. Madrid lebih banyak menunggu untuk melakukan serangan balik.

Namun hingga babak pertama usai tidak ada satu gol pun tercipta. Leipzig vs Madrid berakhir imbang 0-0.

Diawal babak kedua, Los Blancos langsung unggul cepat. Pada menit ke-48 Brahim Diaz berhasil mencatatkan namanya di papan skor berkat gol indahnya.

Diaz yang mendapat bola di sisi kanan, melakukan cut-in dan melewati beberapa pemain sebelum melakukan tembakan menembak yang tepat bersarang di pojok kiri atas.

Kebobolan di awal babak kedua membuat Leipzig terus menyerang Real Madrid. Meskipun begitu tampak tuan rumah kesulitan menembus pertahanan kokoh anak didik Carlo Ancelotti.

El Real hampir saja menambah keunggulan pada menit ke-63. Berawal dari kedalahan pemain Leipzig Federico Valverde berhasil merebut bola dan memberi umpan ke Vinicius Junior.

Lalu melihat Rodrygo yang kosong, Vini memberikan umpan mendatar tang dayang gagal dimanfaatkan rekan senegaranya di Brazil tersebut. Tendangan Rodrygo justru nelambung jauh diatas gawang.

Pada menit ke-72 giliran Vinicius yang membuat peluang ketika Diaz melakukan seranga balik dan mengoper bola ke rekannya itu di dekat kotak penalti. Vinicius menggocek satu pemain dan menembak sisi kanan kiper, tapi bola menghantam tiang.

Leipzig punya kesempatan bagus menyamakan skor pada menit ke-80. Sesko yang tanpa pengawalan ketat di sisi kanan hanya berhadapan dengan pe jaga gawang.

Sayangnya tendangan kerasnya di dalam kotak penalti masih bisa dihadang Lunin yang bermain dangat bagus pada pertandingan tersebut.

Keunggulan Madrid 1-0 atas tuan rumah Leipzig akhirnya bertahan hingga babak kedua usai. Dengan keunggulan 1 gol ini membuat peluang Madrid lolos ke 8 besar terbuka lebar karena pertandingan di Leg Ke-2 akan berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu pada 6 Maret 2024 medatang. (rid)

Sumber: