SIG Pabrik Tuban Tekankan Vendor untuk Berkomitmen Patuhi K3

SIG Pabrik Tuban Tekankan Vendor untuk Berkomitmen Patuhi K3

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) Pabrik Tuban berkomitmen untuk mematuhi dan menjalankan peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam operasionalnya. -Biro Bojonegoro-

BOJONEGORO, MEMORANDUM - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) Pabrik Tuban berkomitmen untuk mematuhi dan menjalankan peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam operasionalnya. Oleh karena itu, seluruh karyawan maupun pekerja rekanan pun diwajibkan menjalankan ketentuan keselamatan kerja dengan benar.

Hal tersebut diungkapkan SVP of Production SIG Pabrik Tuban, Benny Ismanto pada sejumlah vendor dalam kegiatan Enhancement Safety Awareness Pekerjaan Overhaul Tuban 4, Tahun 2024 di Gedung Auditorium SIG Pabrik Tuban, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

“Tidak ada kata tolong dan tidak ada kata tidak setuju dalam melaksanakan safety dan keamanan selama bekerja. Namun, semua harus melaksanakan apa yang telah menjadi kebijakan perusahaan, karena hal tersebut bersifat perintah. Yang telah menajadi aturan perusahan harus dilaksanakan, setuju tidak setuju harus dilaksanakan. Dan yang keberatan dengan aturan yang dikeluarkan perusahaan bukan di sini tempatnya,” tegas Benny.

Menurutnya, untuk menjalankan safety dengan baik perlu dilakukan pembiasan. Pasalnya, pada awalnya menjalankan aturan-aturan K3 akan terasa berat dan tidak nyaman. Namun, itu tetap wajib dijalankan untuk menghindari dari accident atau fatality.

BACA JUGA:SIG Tuban Raih Penghargaan Subroto 2021

“Seperti pengendara motor mengenakan helm, dulu polisi harus kucing-kucingan dengan pengendara. Alhamdulillah dengan tindakan tegas dari aparat, sekarang kita lihat pengendara motor lebih tertib,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Benny mengatakan, keselamatan kerja menjadi bagian paling penting dan prioritas perusahaan sebagai pemberi kerja. Sehingga aturan ini wajib dilaksanakan secara baik oleh para vendor tanpa tawar menawar, zero accident adalah komitmen bersama. Perlu memahami potensi bahaya yang kemungkinan terjadi dalam melakukan pekerjaan dan mengantisipasinya sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Perusahaan berharap seluruh pekerja di Pabrik Tuban, di bagian manapun termasuk tenaga-tenaga vendor harap selalu mematuhi aturan keselamatan dan kesehatan dalam bekerja, agar seluruh personil berangkat dengan keadaan selamat, bekerja selamat hingga pulang pun dengan selamat," pungkasnya. 

Guna menjaga komitmen dan semangat dalam mematuhi peraturan K3, di akhir acara diberikan piagam reward bagi vendor terbaik yang menjalankan K3 secara tertib dan benar. Selain itu, juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama sebagai bentuk pernyataan konsisten dalam melaksanakan dan meningkatkan budaya keselamatan dalam bekerja.(top)

Sumber: