Inilah 7 Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes, agar Gula Darah Terkontrol

Inilah 7 Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes, agar Gula Darah Terkontrol

ilustrasi makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes--

Tidak hanya memperhatikan pola makan, jarang berolahraga juga menjadi pantangan diabetes. Berolahraga secara rutin merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.

5. Berhenti merokok

Kandungan nikotin dan zat beracun dalam rokok dapat menyebabkan sel-sel dalam tubuh tidak bisa menyerap gula darah sebagaimana mestinya. Kondisi ini menyebabkan gula darah sulit untuk masuk ke dalam sel sehingga terjadi penumpukan gula darah atau glukosa di dalam darah.

Kebiasaan merokok, termasuk merokok pasif, juga bisa membuat organ-organ tubuh lebih cepat rusak, sehingga komplikasi diabetes bisa lebih cepat terjadi.

 

6. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol termasuk salah satu pantangan diabetes yang perlu jauhi. Ketika mengonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak, liver akan menjadi lebih cepat rusak. Hal ini bisa membuat tubuh lebih sulit mengontrol gula darah sehingga kadarnya bisa mudah melonjak.

7. Tidak teratur minum obat diabetes

Penderita diabetes perlu mengonsumsi obat diabetes yang telah diresepkan dokter secara rutin sesuai jadwal. Hal ini penting dilakukan agar kadar gula darah dalam tubuh bisa terkontrol dengan baik.

Sumber: