Inilah 7 Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes, agar Gula Darah Terkontrol

Inilah 7 Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes, agar Gula Darah Terkontrol

ilustrasi makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes--

SURABAYA, MEMORANDUM - Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Secara umum, Diabetes terbagi menjadi dua jenis, yaitu Diabetes tipe 1 dan Diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi karena pankreas tidak bisa menghasilkan insulin sehingga kadar gula darah akan terus tinggi. Sementara itu, diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak bisa menggunakan gula darah dengan baik karena masalah dengan hormon insulin atau karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin dengan cukup.

 

Agar tidak memperparah diabetes atau mengalami komplikasinya, ada beberapa pantangan diabetes yang perlu diketahui oleh penderitanya. Berikut beragam pantangannya :

1. Hindari minuman tinggi dan makanan manis

Mengonsumsi makanan manis, seperti cokelat, kue manis, dan martabak memang nikmat. Namun, makanan manis termasuk salah satu pantangan diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Selain itu, Minuman yang mengandung gula tinggi juga termasuk salah satu pantangan diabetes yang utama. Alasannya, terlalu banyak mengonsumsi minuman yang tinggi gula dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan sulit terkontrol.

 

2. Hindari konsumsi makanan berlemak

Pantangan diabetes yang selanjutnya adalah makanan berlemak. Ada dua jenis lemak, yaitu lemak sehat dan lemak jenuh. Sesuai dengan namanya, lemak sehat baik untuk kesehatan tubuh dan dapat menjadi sumber energi. Nah, lemak yang harus dihindari penderita diabetes adalah lemak jenuh. 

3. Hindari stres berlebih

Ketika mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan glukagon yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Jika stres tidak ditangani dengan baik, hal ini akan berdampak pada peningkatan gula darah. Oleh karena itu, stres yang berlebih menjadi salah satu pantangan diabetes.

 

4. Jarang berolahraga

Sumber: