Ziarah ke Makam Tebuireng, Ganjar: Pesan Gus Dur, di Atas Politik Masih ada Kemanusiaan

Ziarah ke Makam Tebuireng, Ganjar: Pesan Gus Dur, di Atas Politik Masih ada Kemanusiaan

Calon Presiden Ganjar Pranowo ziarah di makam Abdurrahman Wahid (Gus Dur). -Biro Mojo-

JOMBANG, MEMORANDUM - Hari ke-46 kampanye Pemilu 2024, Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengunjungi Kabupaten JOMBANG

Sebelumnya, Ganjar berkampanye di Kabupaten Nganjuk. Sedangkan Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD, melakukan safari politiknya di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, dan Makassar, Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:Sowan Dua Kiai Besar Malang, TPN Ganjar-Mahfud Dapat Pesan Kerukunan

Di Kabupaten Jombang, Ganjar Pranowo ziarah ke makam Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren Tebuireng. 

Saat tiba di Ponpes Tebuireng, Ganjar Pranowo disambut Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfud atau Gus Kikin dan Putri Gus Dur, Zannuba Arifah Chafsoh atau Yenny Wahid. Kemudian, Ganjar Pranowo masuk ke dalam Ndalem Kasepuhan. 

BACA JUGA:Menang Capres, Ganjar-Mahfud Siapkan 21 Program Unggulan

Setelah itu, Ganjar dengan didampingi Gus Kikin dan Yenny Wahid, ziarah ke makam. Di makam Gus Dur, Ganjar melakukan tahlil dan mendoakan guru bangsa. 

Ganjar Pranowo mengatakan, bahwa setiap ziarah ke Tebuireng ini, kalau melihat makam Gus Dur ada yang menarik. Di batu nisan ada bahasa Arab, Inggris, Cina, dan Indonesia. Ada yang selalu diingat, adalah semangat kejuangan Gus Dur dalam menjaga pluralisme Bhinneka Tunggal Ika. 

BACA JUGA:MH Said Abdullah Optimistis Jatim dalam Barisan Ganjar Pranowo-Mahfud MD

"Itu yang selalu melekat. Maka tidak jarang ditempat lain pun beliau sangat dihormati. Sehingga generasi pemerus selalu mengingat itu," katanya, Jumat, 12 Januari 2024. 

Ganjar menjelaskan, bahwa dari itu memiliki nilai toleransi yang tinggi, saling menghargai, saling menghormati. Dan yang tidak pernah ia lupa pesan Gus Dur yaitu, di atas politik masih ada kemanusiaan. 

BACA JUGA:Dinilai Paling Berpihak ke Rakyat, Relawan Jatim Beragam Nyatakan Dukungan ke Ganjar-Mahfud

"Ini memberikan semangat kepada kita semua untuk menjaga pluralisme yang ada. Jadi, generasi kita harus belajar betul dari Gus Dur," jelasnya. 

Kemudian terkait dengan survei Ganjar-Mahfud yang semakin menurun, Ganjar mengungkapkan, jika survei dirinya malah semakin naik dengan sistem triangulasi. Dan saat ini masih kejar-kejaran anatar dua kandidat. 

Sumber: