Merawat Wajah Saat Hamil: 6 Tips yang Perlu Diketahui untuk Kulit Sehat

Merawat Wajah Saat Hamil: 6 Tips yang Perlu Diketahui untuk Kulit Sehat

-Ilustrasi-

MEMORANDUM - Ibu hamil sering mengalami perubahan hormon yang mempengaruhi kondisi kulit. Jerawat, flek hitam, dan kulit kusam bisa menjadi masalah. Meski demikian, merawat wajah saat hamil memerlukan kehati-hatian karena beberapa bahan dalam produk perawatan dapat berisiko bagi janin.

BACA JUGA:Mengatasi Batuk Saat Hamil: Langkah Bijak dan Pencegahan yang Perlu Diperhatikan

Berikut adalah 6 tips penting untuk merawat wajah saat hamil agar kulit tetap sehat dan Bumil dapat memancarkan pregnancy glow:

 

1. Pilih Produk Kosmetik dan Skincare Aman

Perhatikan produk kosmetik dan skincare yang digunakan. Pastikan produk tersebut aman untuk ibu hamil dan berlabel noncomedogenic. Pilih produk dengan kandungan seperti vitamin C, vitamin E, green tea, peptides, asam hialuronat, dan resveratrol. Hindari produk yang mengandung hidrokuinon, phthalate, retinoid, salicylic acid, dan benzoyl peroxide, karena dapat membahayakan janin.

BACA JUGA:Diet Saat Hamil: Keamanan dan Tips Sehat untuk Ibu Hamil

 

2. Gunakan Obat Jerawat Aman

Untuk mengatasi jerawat, pilih krim jerawat dengan kandungan azelaic acid, glycolic acid, atau sulfur. Konsultasikan dengan dokter sebelum penggunaan, karena penggunaan berlebihan dapat meningkatkan risiko masalah kehamilan.

BACA JUGA:Inilah 9 Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Pekembangan Janin

 

3. Rutin Gunakan Sunscreen

Gunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Hindari sunscreen dengan oksibenzon, dan pilih physical sunscreen dengan titanium dioksida dan zinc oxide yang tidak terserap oleh tubuh.

Sumber: