Inilah 4 Cara Mengatasi Nyeri Otot dengan Cara Sederhana

Inilah 4 Cara Mengatasi Nyeri Otot dengan Cara Sederhana

meregangkan otot--

SURABAYA, MEMORANDUM - Nyeri otot adalah perasaan tidak nyaman pada otot-otot tubuh. Masalah ini merupakan respons tubuh terhadap berbagai kondisi, seperti cedera, kelelahan otot, atau peradangan. 

 

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan nyeri otot, meliputi aktivitas fisik yang berlebihan, posisi tubuh yang tidak nyaman, stres, atau kondisi medis tertentu, seperti artritis atau infeksi. 

BACA JUGA:7 Menu Makanan Tinggi Protein untuk Meningkatkan Massa Otot dan Memperkuat Tubuh

 

Berikut ini beberapa cara sederhana untuk mengatasi nyeri otot :

 

1. Berendam air garam

Garam yang bisa kamu gunakan adalah garam epsom. Jenis garam ini terbuat dari magnesium sulfat atau garam laut, yang memiliki kemampuan untuk mengendurkan otot tegang dan mengurangi peradangan.

 

2. Kompres es atau air panas

Terapi es bertujuan untuk memperlambat sirkulasi, sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri terkait. Langkah ini berguna untuk mengatasi gejala akibat cedera atau nyeri baru. 

BACA JUGA:Cara Mengatasi Kram Kaki Karena Otot Berkontraksi

BACA JUGA:Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan Tubuh, dari Mulai Membentuk Otot hingga Mempercepat Penyembuhan Luka

 

3. Tidur nyenyak di malam hari

Tubuh mengalami proses pemulihan dan regenerasi sel-sel pada saat tidur. Aktivitas ini bisa meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, yang berkontribusi pada perbaikan jaringan otot dan pemulihan sel yang rusak. 

 

4. Oleskan minyak esensial

Minyak esensial dapat membantu mengatasi nyeri otot karena sifat antiinflamasi dan relaksasi otot. Minyak lavender, peppermint, atau eucalyptus, mengandung senyawa-senyawa yang dapat meredakan peradangan dan merelaksasi otot yang tegang. 

Sumber: