Jatuh karena Dengar Ledakan, Anggota Damkar Jadi Korban di Kebakaran Gudang Tiner Kalianak

Jatuh karena Dengar Ledakan, Anggota Damkar Jadi Korban di Kebakaran Gudang Tiner Kalianak

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, Dedik Irianto. --

SURABAYA, MEMORANDUM-Satu di antara enam korban kebakaran gudang tiner Kalianak 55 Madya itu merupakan petugas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya. Akibat musibah itu petugas damkar harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka sobek pada pelipis akibat kaget mendengar ledakan saat melakukan pembasahan. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, Dedik Irianto membenarkan anggotanya turut terluka. 

"Benar satu diantara enam korban kebakaran itu adalah anggota kami saat menjalankan tugasnya, " kata Dedik diwawancarai Memorandum, Selasa 19 Desember 2023.

BACA JUGA:Polisi Turun Tangan Selidiki Kebakaran Gudang Tiner Kalianak Madya

Dedik menceritakan kronologis kejadian tersebut bermula saat personel damkar melakukan pembasahan. 

BACA JUGA:6 Korban Kebakaran Gudang Tiner Masih Jalani Perawatan Intensif di Rumah Sakit

"Saat itu kebakaran sudah dapat dipadamkan, kemudian dilakukan pembasahan oleh anggota kami, " ujarnya. 

Karena api sudah mengecil, anggota bergegas menuju ke dalam gudang yang menjadi objek kebakaran tersebut. 

"Api sudah kecil, tinggal pembasahan, teman teman mulai masuk, begitu pas disemprot ada ledakan lagi, " ungkap Dedik. 

Dedik menyampaikan bahwa ledakan di gudang tiner Kalianak 55 terjadi puluhan kali. Ledakan itu dipicu karena tong yang disimpan di dalam gudang berisi tiner. Akibatnya bahan yang mudah terbakar berupa tersulut api hingga menyebabkan ledakan. 

"Itu kan ledakan terjadi berkali kali, selama pemadaman itu mulai pukul 20.00 dan pembasahan sampai 03.00 WIB itu ada 60 kali lebih ledakan. Terakhir terakhir dikira sudah selesai atau sudah padam, teman teman mendekati objek kebakaran untuk melakukan penyemprotan. Ternyata masih ada ledakan, " paparnya. 

Ledakan yang ditimbulkan tersebut pun menyebabkan petugas damkar kaget dan terjatuh. Nahas di sekitar korban ada serpihan tong yang meledak dan mengenai bagian tubuhnya. 

"Terus salah satu anggota saya kaget, bukan karena luba bakar loh ya, tapi kaget, lalu mundur kepleset jatuh, tangannya memegang tong bekas ledakan, karena ada bagian tong itu runcing korban yang jatuh dan nahasnya ketusuk bagian tong yang runcing dan mengenai pelipisnya juga," jelasnya. 

Akibat luka cukup serius yang diderita, korban akhirnya dievakuasi ke UGD rumah sakit untuk mendapat penanganan medis lebih lanjut.

Sumber: