Mata Belekan, Penyebab dan Cara Mencegahnya dengan Efektif

Mata Belekan, Penyebab dan Cara Mencegahnya dengan Efektif

-Ilustrasi-

BACA JUGA:Sering Tidak Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Mata

3. Alergi

Mata belekan juga bisa muncul sebagai reaksi alergi. Saat terpapar alergen, seperti debu atau serbuk sari, mata akan menghasilkan lendir untuk membersihkan alergen tersebut. Namun, lendir yang dihasilkan bisa sangat banyak dan akhirnya menumpuk, sehingga menjadi penyebab mata belekan.

BACA JUGA:Selain Terkenal Menjaga Kesehatan Mata Berikut Khasiat Wortel untuk Kesehatan Tubuh

4. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan peradangan pada konjungtiva, yaitu selaput tips yang melapisi bagian mata. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi bakteri atau virus hingga alergi.

Selain menimbulkan gejala berupa mata merah, gatal, dan rasa seperti kelilipan, kondisi ini juga menjadi penyebab mata belekan.

BACA JUGA:Era Serba Digital, Jaga Kesehatan Mata Sejak Dini dengan Konsumsi Makanan Berikut

5. Keratitis

Keratitis merupakan infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau parasit di dalam air. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang memakai lensa kontak, serta mengalami cacar air atau mata kering.

Gejala keratitis beragam, mulai dari mata belekan, mata bengkak, merah, gatal, bahkan nyeri.

BACA JUGA:Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

6. Blefaritis

Blefaritis juga bisa menjadi penyebab mata belekan. Blefaritis atau radang kelopak mata biasanya ditandai dengan mata merah, bengkak, dan gatal. Selain itu, mata juga menghasilkan kotoran lebih banyak saat mengalami blefaritis, terutama pada malam hari.

 

Sumber: