Mata Belekan, Penyebab dan Cara Mencegahnya dengan Efektif

Mata Belekan, Penyebab dan Cara Mencegahnya dengan Efektif

-Ilustrasi-

7. Bintitan

Bintitan merupakan infeksi dan peradangan yang terjadi pada kelenjar minyak di kelopak mata. Tak hanya ditandai dengan bintil merah menyakitkan di tepi kelopak mata, bintitan juga menimbulkan belek berupa lendir kuning di sudut mata.

 

8. Cedera mata

Cedera mata yang sampai menyebabkan infeksi dapat membuat mata berair. Jika air mata menumpuk, kondisi ini bisa menjadi penyebab mata belekan. Banyak faktor yang memicu cedera mata, salah satunya adalah mata tergores atau tertusuk duri tanaman.

 

9. Penyumbatan saluran air mata

Apabila saluran air mata tersumbat, proses pembuangan air mata akan terganggu. Akibatnya, mata sering berair dan lendir berwarna kuning atau putih berkumpul di sudut mata. Inilah yang menjadi penyebab mata belekan.

Selain mata belekan, kondisi ini juga ditandai dengan mata merah, nyeri, dan bengkak.

 

10. Uveitis

Penyebab mata belekan selanjutnya adalah uveitis. Uveitis merupakan peradangan pada uvea atau lapisan tengah mata yang dapat disebabkan oleh infeksi virus tertentu seperti herpes. Tak hanya infeksi virus, uveitis juga dikaitkan dengan gangguan autoimun, misalnya rheumatoid arthritis atau lupus.

 

Cara Mencegah Mata Belekan

Menjaga kebersihan mata menjadi kunci penting dalam mencegah mata belekan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar mata belekan tak lagi muncul:

Sumber: