9 Tips Mencegah Kepikunan, Tetap Cerdas di Usia Senja

9 Tips Mencegah Kepikunan, Tetap Cerdas di Usia Senja

Meskipun tak bisa disembuhkan, ada berbagai cara efektif untuk mencegah kepikunan dan menjaga kesehatan otak.-Pexel-

MEMORANDUM - Penurunan kesehatan di usia senja kerap kali terjadi, tak terkecuali otak. Umumnya para lansia akan mengalami kepikunan yang ditandai dengan penurunan kemampuan kognitif, seperti daya ingat, kemampuan berpikir, dan kemampuan berbahasa.

kepikunan dapat menyebabkan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mengurus diri sendiri, berkomunikasi, dan beraktivitas sosial.

Meskipun kepikunan merupakan penyakit yang umum terjadi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kepikunan, bahkan sejak dini.

Berikut ini adalah 7 tips yang bisa Anda lakukan:

1. Menjaga kesehatan jantung
Menjaga kesehatan jantung dapat membantu melindungi otak dari kerusakan. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat, berolahraga secara teratur, dan tidak merokok.

BACA JUGA:5 Penyakit yang Sering Mengintai Lansia dan Cara Menghadapinya

BACA JUGA:5 Mineral dan Vitamin Membantu Lansia Tetap Bugar

2. Menjaga tekanan darah
Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di otak, sehingga meningkatkan risiko kepikunan. Untuk menjaga tekanan darah tetap normal, penting untuk mengontrol asupan garam dan mengonsumsi makanan yang kaya kalium.

3. Menjaga kadar kolesterol
Kolesterol tinggi juga dapat merusak pembuluh darah di otak. Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat dan lemak tak jenuh.

4. Menjaga berat badan
Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kepikunan. Untuk menjaga berat badan tetap ideal, penting untuk menerapkan pola makan sehat dan berolahraga secara teratur.

5. Melakukan aktivitas fisik secara teratur
Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga dapat membantu melindungi otak dari kerusakan. Setidaknya, orang dewasa dianjurkan untuk berolahraga selama 150 menit per minggu.

6. Makan makanan sehat
Makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat membantu menjaga kesehatan otak. Makanan-makanan tersebut mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan otak, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan asam lemak omega-3.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Mangga Bagi Tubuh, Nomer 3 Cocok Untuk Lansia

7. Mengelola stres
Stres dapat meningkatkan risiko kepikunan. Untuk mengelola stres, dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti teknik relaksasi, meditasi, dan yoga.

8. Mengasah otak
Melatih otak dengan berbagai aktivitas, seperti membaca, bermain puzzle, dan belajar bahasa baru, dapat membantu menjaga kesehatan otak. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat membantu meningkatkan daya ingat, kemampuan berpikir, dan kemampuan berbahasa.

BACA JUGA:Cara Mencegah Stroke, Penyakit Mematikan yang Sering Dialami Lansia

9. Bersosialisasi dengan orang sekitar
Berinteraksi dengan orang lain dan terlibat dalam aktivitas sosial dapat meningkatkan fungsi otak. Hal ini membantu melawan isolasi sosial, yang dapat menjadi faktor risiko kepikunan.

Kepikunan bukanlah takdir yang tak terhindarkan. Dengan perubahan gaya hidup dan perhatian yang tepat, kita dapat menjaga kesehatan otak dan mencegah kepikunan sehingga dapat tetap aktif dan cerdas di usia senja. (*)

Sumber: