5 Manfaat Buah Mangga Bagi Tubuh, Nomer 3 Cocok Untuk Lansia

5 Manfaat Buah Mangga Bagi Tubuh, Nomer 3 Cocok Untuk Lansia

--Unsplash

Surabaya, memorandum - Mangga adalah salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Hal ini tidak terlepas dari rasanya yang lezat dan manis, sekaligus kemudahan Mangga yang dapat diolah menjadi sejumlah hidangan.

Bukan hanya memiliki rasa yang lezat, Mangga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Terdapat banyak vitamin, mineral dan antioksidan di dalam buah Mangga.

Berikut beberapa manfaat buah Mangga bagi tubuh.

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Mangga mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini dikarenakan kandungan vitamin A yang dapat berfungsi menurunkan risiko infeksi.

Vitamin C pada Mangga juga dapat membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih untuk melawan penyakit, membantu sel-sel tubuh bekerja lebih efektif, dan meningkatkan pertahanan kulit.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika sering mengalami gangguan pencernaan, buah Mangga bisa menjadi obat. Mangga mengandung serat dan air yang dapat mencegah sembelit hingga diare.

Bahan bioaktif seperti ester, terpene dan aldehid juga terdapat dalam buah Mangga. Bahan-bahan ini berkontribusi dalam meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan nafsu makan.

3. Membantu Mengatasi Penuaan Dini

Mangga mengandung banyak vitamin A dan C yang dapat menghasilkan protein kolagen di dalam tubuh. Kolagen ini berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh, sehingga dapat memperlambat proses penuaan. Tidak heran jika Mangga disebut sebagai buah anti-penuaan.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Buah Mangga dapat membantu mengatur kadar kolesterol di dalam tubuh. Tingginya kadar pektin dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat. LDL ini dapat menyebabkan plak di pembuluh darah sehingga akan menghambat aliran darah.

Selain itu, Mangga juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan kalium di dalamnya berfungsi menyeimbangkan sel cairan tubuh yang berguna untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Buah Mangga mengandung polifenol yang memiliki sifat antikanker. Polifenol berperan sebagai pelindung dari stres oksidatif, yang terkait dengan banyak jenis kanker.

Kandungan polifenol pada Mangga dapat mengurangi stres oksidatif, menghancurkan atau menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker, termasuk leukemia dan kanker usus besar.

Itulah beberapa manfaat buah Mangga bagi tubuh, juga cocok untuk kesehatan semua usia. Bagaimana pendapatmu?
(mg1)

Sumber: