Bolehkah Ibu Diabetes Menyusui Bayi? Berikut Ini Penjelasannya

Bolehkah Ibu Diabetes Menyusui Bayi? Berikut Ini Penjelasannya

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Sebagian ibu penderita diabetes kerap merasa risau ketika harus menyusui buah hatinya. Alasannya adalah takut penyakit yang dideritanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan bayi. 

Padahal, menyusui merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan asupan nutrisi kepada bayi. Karena ASI mengandung beragam nutrisi penting untuk tumbuh kembang bayi, antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

BACA JUGA:6 Manfaat Susu Kambing Etawa yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:15 Manfaat Mengonsumsi Susu Sapi Bagi Kesehatan

Berikut penjelasan lebih lanjut, simak artikel dibawah ini.

Ibu dengan diabetes tetap boleh menyusui bayinya. Pasalnya, penyakit ini tidak akan mengubah nutrisi yang terkandung di dalam ASI, sehingga ASI masih aman diberikan pada bayi.

Walau salah satu faktor risiko terjadinya diabetes adalah riwayat keturunan, bukan berarti diabetes diturunkan melalui ASI. Selain itu, diabetes juga bukan penyakit menular, sehingga tidak perlu terlalu risau saat seorang ibu memutuskan untuk memberikan Si Kecil ASI.

BACA JUGA:Ketahui 4 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Berikut Ini

BACA JUGA:Manfaat Masker Susu untuk Kulit Wajah

Bahkan, faktanya memberikan ASI eksklusif justru akan mencegah Si Kecil terkena diabetes di kemudian hari. Selain itu, konsumsi ASI juga bisa menurunkan risiko Si Kecil mengalami penyakit lainnya, seperti infeksi saluran pernapasan dan telinga, infeksi urine, eksim, serta asma.

Sumber: