Unair Gelar Festival Halal, Menyinergikan Peluang dan Potensi Menuju Usaha Mikro Kecil Naik Kelas

Unair Gelar Festival Halal, Menyinergikan Peluang dan Potensi Menuju Usaha Mikro Kecil Naik Kelas

Adiwarman Karim saat menyampaikan materi. 2.Rektor Universitas Airlangga Prof Dr Mohammad Nasih. --

SURABAYA, MEMORANDUM-Pusat Halal Airlangga, menggelar Festival Halal Airlangga mengusung tema “Menyinergikan Peluang dan Potensi Menuju Usaha Mikro Kecil Naik Kelas”. Kegiatan ini dilaksanakan di Airlangga Convention Center (ACC) , Kampus C Universitas Airlangga, Rabu 6 November 2023.

Hadir sebagai pembicara yakni Ir Adiwarman Azwar Karim SE MBA MAEP. Ia dikenal sebagai akademisi dan praktisi ekonomi syariah di Indonesia. Menurutnya, halal merupakan sebuah kriteria yang wajib dimiliki seorang penjual, sertifikasi halal juga menjadikan sebuah produk memiliki sebuah value yang lebih dibanding yang lain. 

BACA JUGA:Gegerkan Pemilik Lahan, Petugas Evakuasi Buaya Muara di Tambak Langon

“Di ekonomi syariah, produk berbasis halal itu penting. Itu yang menjadikan kita berbeda dengan yang lain,” katanya.

BACA JUGA:Pelaku Pecah Kaca Mobil Milik ASN Selalu Incar Barang Elektronik

Ia menjelaskan dalam sebuah pembuatan produk, diperlukan syarat atau kriteria yang harus dipenuhi. Pertama ialah produk itu harus halal baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Produk ya harus halal, tidak boleh mengandung unsur haram sedikitpun,” ucapnya.

Ia menambahkan Haram sendiri pun dibagi dua yakni Haram Li dzatihi yakni barang yang diharamkan karena barang itu sendiri mengandung kerusakan dan Haram li ghairihi. Yakni, barang yang berpotensi memiliki dampak kerugian kepada diri sendiri dan orang lain.

Kedua, ia menjelaskan mengenai pentingnya produk yang baik. Baik untuk dikonsumsi, menyehatkan dan memiliki dampak yang baik untuk orang lain. “Tidak cuma halal saja, produk itu harus thayyib, harus baik agar masyarakat dapat manfaatnya,” tambahnya sembari memberi uang kepada penonton yang bisa menjawab pertanyaan.

Ia menjelaskan, hal yang terpenting adalah keberkahan. Menurutnya, produk yang baik dari segala sisi adalah memiliki keberkahan. “Berkah itu apa sih? Berkah itu ketika kita melaksanakan perbuatan baik, kita bahagia, kita memiliki manfaatnya, bukan untuk diri kita saja tapi juga untuk orang lain,” ujarnya.

Wakil Komisaris BSI itu pun menambahkan bahwa semua yang disebutkan itu merupakan ciri bisnis yang berkah dan baik dan perlu diperhatikan bagi produsen muslim. “Kriteria itu setidaknya tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar kita,” tambahnya.

Adiwarman menambahkan, BSI saat ini telah memfasilitasi dan mendorong pedagang UMKM untuk segera memiliki sertifikasi halal. “Bisa hubungi UMKM centre BSI, disana disediakan permodalan, jaminan halal dan hal-hal yang diperlukan lainnya,” tambahnya.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa hidup seperti cermin. Jika kita baik maka kebaikan itu akan kembali kepada kita dan sebaliknya.

Sementara Rektor Universitas Airlangga Prof Dr Mohammad Nasih menyampaikan, festival ini untuk mendorong agar banyak pelaku di UMKM bisa tertarik dan melakukan proses sertifikasi halal. Karena tahun depan sudah tidak menjadi program nasional lagi dan semua harus sudah tersertifikasi halal khususnya untuk produk makanan dan minuman.

Sumber: