Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-tiba

Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-tiba

ilustrasi pusing--

SURABAYA, MEMORANDUM - Pusing adalah suatu gejala yang menyebabkan penderitanya mengalami sensasi tidak stabil, pening, atau berputar. Gejala ini termasuk keluhan yang umum terjadi dengan penyebab yang beragam. 

BACA JUGA:Pengemudi Pusing, Toyota Agya Tercebur Sungai di Jalan Arief Rahman Hakim

BACA JUGA:Konsumsi Makanan Ini Agar Kesehatan Ginjal Anda Terjaga

Ini Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-Tiba

1. Paparan polusi udara

Menghirup polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan bisa menjadi penyebab kepala sering pusing tiba-tiba. Hal ini karena asap kendaraan mengandung karbon monoksida yang dapat memengaruhi sistem saraf dan keseimbangan dalam tubuh, yang akhirnya membuat Anda pusing.

2. Kelelahan setelah terkena panas

Berlama-lama di bawah terik sinar matahari atau berada di suhu tinggi bisa membuat Anda mengalami heat exhaustion. Kondisi ini ditandai dengan kepala pusing secara tiba-tiba. Selain pusing, Anda juga mungkin akan merasa sangat haus dan kelelahan, padahal tidak melakukan aktivitas fisik yang berat.

3. Olahraga berlebihan

Olahraga memang baik bagi kesehatan fisik dan mental. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, olahraga justru bisa menjadi penyebab kepala sering pusing tiba-tiba. Bukannya menjadi sehat, olahraga berlebihan justru membuat Anda mengalami sulit tidur, cemas, nyeri otot, cedera, mudah tersinggung, bahkan depresi.

4. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab kepala sering pusing tiba-tiba yang cukup umum terjadi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kehilangan banyak cairan yang akhirnya mengganggu kerja normal tubuh. Akibatnya, kepala pun dapat terasa pusing, tubuh kelelahan, serta mudah marah.

BACA JUGA:Kenali Dampak Negatif Tingginya Kadar Kolestrol Terhadap Kesehatan Mata

5. Infeksi pada telinga dalam

Sumber: