Manfaat Daun Srikaya untuk Kesehatan Tubuh dan Kenali Efek Sampingnya Berikut Ini

Manfaat Daun Srikaya untuk Kesehatan Tubuh dan Kenali Efek Sampingnya Berikut Ini

srikaya--

Manfaat daun srikaya mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Antioksidan juga membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

BACA JUGA:Apakah Bayi Boleh Mengonsumsi Buah Srikaya? Simak Penjelasan Berikut Ini

BACA JUGA:Ternyata Buah Srikaya Mempunyai 6 Manfaat Ampuh untuk Kesehatan Tubuh

6. Membantu Mengatasi Stres

Senyawa aktif dalam daun srikaya seperti alkaloid anonaine dan isoprene memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Daun srikaya mengandung vitamin A dan lutein yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu melindungi kornea mata dan mencegah kekeringan pada mata, sedangkan lutein membantu melindungi retina mata dari kerusakan akibat sinar UV.

8. Mengatasi Diabetes

Manfaat daun srikaya mengandung senyawa aktif seperti asam galat, epicatechin, dan epigallocatechin gallate yang memiliki efek menurunkan kadar gula darah. Selain itu, daun srikaya juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan produksi insulin sehingga dapat membantu mengatasi diabetes.

9. Mengobati Sakit Gigi

Daun srikaya mengandung senyawa aktif seperti eugenol dan tanin yang memiliki efek analgesik dan antiinflamasi. Senyawa-senyawa ini dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi dan gusi yang terinfeksi.

10. Mengatasi Masalah Keputihan

Kandungan senyawa aktif seperti alkaloid dan flavonoid dalam daun srikaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Senyawa-senyawa ini dapat membantu mengatasi masalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur.

BACA JUGA:Manfaat Makan Daun Kelor Setiap Hari

BACA JUGA:Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Sumber: