Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut--

SURABAYA, MEMORANDUM - Manfaat daun sirih untuk kesehatan tak lepas dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Selain itu, daun sirih juga mengandung senyawa antibakteri yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. 

BACA JUGA:Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Berikut sejumlah manfaat daun sirih yang sayang untuk dilewatkan.

1. Menghilangkan bau mulut

Mengunyah daun sirih memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi air liur. Hal tersebut membantu mengatasi bau mulut akibat xerostomia (mulut kering).

Selain itu, daun ini juga mempunyai aroma yang segar ketika dikunyah. Hasilnya, napas yang semula bau akan menjadi lebih segar setelah mengunyah daun sirih.

2. Mengurangi risiko infeksi dalam mulut

Daun sirih mengurangi risiko infeksi dengan cara melawan bakteri dalam mulut. Kemampuan tersebut berasal dari senyawa antibakteri yang terkandung dalam daun ini.

3. Mencegah gigi berlubang

Manfaat daun sirih untuk gigi berlubang berasal dari kemampuannya untuk meningkatkan produksi  air liur. Peningkatan produksi saliva tersebut akan terjadi ketika Anda mengunyah daun ini.

Air liur memiliki peranan penting dalam menetralkan asam di dalam mulut. Ketika kadar asam menjadi begitu tinggi akibat mulut kering, risiko gigi berlubang akan makin besar. 

BACA JUGA:Khasiat Bawang Merah Untuk Cegah Obesitas dan Osteoporosis

4. Meredakan nyeri akibat sakit gigi

Daun sirih memiliki manfaat untuk meredakan sakit gigi yang disebabkan oleh radang gusi dan plak. Oleh sebab itu, bahan ini sering Anda temukan sebagai campuran pasta gigi.

Sumber: