Manfaat Daun Srikaya untuk Kesehatan Tubuh dan Kenali Efek Sampingnya Berikut Ini

Manfaat Daun Srikaya untuk Kesehatan Tubuh dan Kenali Efek Sampingnya Berikut Ini

srikaya--

SURABAYA, MEMORANDUM - Sejumlah tanaman, telah dipercaya manfaatnya dalam mengatasi sejumlah gejala penyakit. Srikaya pun menjadi salah satunya. Tanaman ini bahkan telah dimanfaatkan dalam metode Ayurveda, untuk perawatan sejumlah penyakit.

Daun srikaya biasanya digunakan secara tradisional dalam perawatan untuk berbagai jenis penyakit. Menurut penelitian, bagian daun dari tumbuhan srikaya mengandung senyawa alkaloid yang antara lain berguna sebagai antidiare dan antimikroba, juga mengandung senyawa ketones yang berguna bagi tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi.

BACA JUGA:Kaya Akan Serat, Berikut 8 Manfaat Konsumsi Daun Pepaya

BACA JUGA:Jarang Diketahui, 5 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Berikut Manfaat daun Srikaya untuk Kesehatan Tubuh :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun srikaya mengandung senyawa aktif seperti alkaloid anonaine, asimisin, dan isoprene yang memiliki efek menurunkan tekanan darah. Kadar tekanan darah yang tinggi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat yang terkandung dalam daun srikaya membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan diare. Serat juga membantu mengatur sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun srikaya mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E, serta beta-karoten yang membantu mencegah kerusakan sel dan merawat kulit dari dalam. Antioksidan juga membantu mengurangi radikal bebas yang dapat merusak kulit dan membuatnya terlihat tua.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Senyawa aktif seperti anonaine dan asimisin dalam daun srikaya membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga bermanfaat untuk penderita diabetes. Anonaine bekerja dengan cara menghambat enzim alfa-glukosidase, yang bertanggung jawab untuk mencerna karbohidrat menjadi gula darah.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sumber: