Rutin Konsumsi Buah Pepaya, Berikut 7 Manfaat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Rutin Konsumsi Buah Pepaya, Berikut 7 Manfaat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

buah pepaya--

SURABAYA, MEMORANDUM - Buah pepaya ternyata memiliki kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan.  Selama ini pepaya sering dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Padahal, buah tropis ini segudang manfaat lain yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA:Buah-buahan sebagai Sumber Serat: Pentingnya Konsumsi untuk Pencernaan yang Sehat

Berikut ini beragam khasiat pepaya untuk kesehatan tubuh :

1. Menurunkan berat 

badan Buah pepaya memiliki manfaat uang baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan papaya mengandung enzim bernama papain dan kandungan seratnya tinggi.  Selain itu, kalori buah pepaya juha tergolong rendah sehingga baik bagi yang sedang diet menurunkan berat badan. 

2. Menurunkan kolesterol dan dibetes 

Pepaya merupakan sumber serat, antioksidan serta vitamin C. Kandungan ini baik untuk penderita kolesterol tinggi agar kadar kolesterolnya tetap normal. Selain itu, pepaya juga baik untuk penderita gula darah tinggi atau diabetes. Meskipun manis, pepaya memiliki kandungan gula rendah dan indeks glikemik yang juga rendah. Kaya nutrisi phyto dan vitamin, pepaya juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung bagi penderita diabetes dan melindungi hati. 

3. Meningkatkan imun  

Pepaya kaya vitamin C, dan bahkan menyediakan dua kali lipat asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Ini baik untuk sistem kekebalan tubuh sehingga dapat terjaga dengan makan buah ini.  Rutin mengonsumsi pepaya bisa menjaga tubuh dari infeksi penyakit. 

BACA JUGA:Menghadapi Musim Buah, Coba 4 Resep Olahan yang Menggugah Selera

4. Menjaga tulang dan sendi 

Kandungan vitamin K dalam pepaya membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi. Kurangnya asupan vitamin K dapat dengan mudah menyebabkan patah tulang pada tubuh. Vitamin K penting untuk membantu penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium, sehingga dapat membuat tulang lebih kuat.

5. Menjaga kesehatan mata 

Mengandung cyptoxanthin, zeaxanthin dan lutein serta vitamin A yang tinggi, pepaya mencegah degenerasi makula akibat penuaan dan melindungi mata dari kemungkinan kerusakan. 

Sumber: