Wujudkan Layanan Publik Berkualitas kepada Kelompok Rentan, Imigrasi Malang Raih Penghargaan

Wujudkan Layanan Publik Berkualitas kepada Kelompok Rentan, Imigrasi Malang Raih Penghargaan

Petugas imigrasi malang melayani pemohon paspor lansia--

MALANG, MEMORANDUM – Kantor Imigrasi Kelas I TPI MALANG Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur kembali raih predikat Unit Kerja Pelayanan Publik Berbasis HAM tahun 2023.

Bertempat di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM dalam kegiatan peluncuran Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly menyerahkan penghargaan berupa predikat unit Kerja Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) kepada 241 unit kerja di Kementerian Hukum dan HAM RI.

Adapun kontestasi yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia ini diikuti oleh 871 unit kerja yang terdiri dari Kantor Wilayah, UPT Imigrasi dan UPT Pemasyarakatan. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang menjadi salah satu unit kerja yang mendapatkan predikat tersebut. Adapun predikat ini juga pernah diraih oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang pada tahun 2020 dan 2021. 

BACA JUGA:Imigrasi Malang Gandeng Universitas Brawijaya Launching Immigration Corner dan Eazy Intal

Sesuai dengan tagline “Salam Sejiwa” (Santun Melayani Masyarakat Sepenuh Jiwa), Kantor Imigrasi Malang selalu melakukan pengembangan baik dari segi sarana prasarana maupun inovasi dan salah satunya adalah ruang layanan prioritas ramah HAM. Ruang ini untuk memberikan akses pelayanan yang lebih adil dan setara terhadap kelompok rentan.

Ruang Layanan Prioritas Ramah HAM ini diperuntukkan bagi kelompok rentan yang mengajukan layanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Malang. Kelompok tersebut meliputi penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil dan anak di bawah lima tahun.

Fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan menjadi salah satu asas pelayanan publik yang berkualitas sebagaimana disebutkan dalam Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 mengenai Pelayanan Publik.

BACA JUGA:Ramah HAM, Layanan Kelompok Rentan dari Imigrasi Malang

Pada kunjungannya meninjau ruang layanan prioritas ramah HAM Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang beberapa saat yang lalu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Heni Yuwono menekankan agar seluruh UPT di wilayah Jawa Timur khususnya Kantor Imigrasi Malang senantiasa menjunjung tinggi prinsip-prinsip HAM, termasuk kesetaraan, non-diskriminasi, dan keadilan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kantor Wilayah sebagai Pembina UPT-UPT mendukung dan mendorong agar terus dilakukan perbaikan sarana prasarana maupun pengembangan inovasi dalam hal pelayanan masyarakat di unit kerjanya masing-masing. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Galih Priya Kartika Perdhana, mengatakan layanan prioritas Ramah HAM ini tidak terbatas pada Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengajukan layanan keimigrasian, melainkan juga bagi Warga Negara Asing (WNA).

“Layanan pada ruang Ramah HAM ini bukan cuma untuk pemohon paspor saja, tetapi ada juga booth layanan prioritas bagi WNA,” ujar Galih. 

BACA JUGA:Eazy Passport Imigrasi Malang Layani Jemaah Umrah An Namiroh Travelindo

Lebih lanjut Galih menambahkan bahwa bagi pemohon paspor layanan prioritas, tidak perlu mendaftar lewat aplikasi M-paspor dan bisa langsung datang ke Kantor Imigrasi.

“[Kelompok rentan] Bisa langsung datang ke Kantor Imigrasi tanpa mendaftar lebih dulu lewat M-paspor,” tutupnya.(mik)

Sumber: