Nyesel Baru Tahu! 4 Manfaat Minum Kopi yang Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

Nyesel Baru Tahu! 4 Manfaat Minum Kopi yang Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

Nikmati secangkir kopi favorit Anda dan rasakan manfaat kesehatannya!-pixabay-

MEMORANDUM-Kopi adalah salah satu minuman yang paling populer di dunia. Selain rasanya yang nikmat, Kopi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Ini dia 4 manfaat minum Kopi yang dapat mencegah berbagai penyakit. 

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi secara moderat dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, Parkinson, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker.

Berikut ini adalah 4 manfaat minum kopi yang dapat mencegah berbagai penyakit:

1. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Kopi mengandung senyawa yang disebut kafein, asam klorogenat, dan trigonelin. Senyawa-senyawa ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 23% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang tidak minum kopi.

BACA JUGA:Bobol Cafe Jual Kopi, Pria Asal Jombang Ditahan di Polsek Pare

2. Mengurangi risiko penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah gangguan saraf yang dapat menyebabkan tremor, ketegangan otot, dan masalah keseimbangan. Kafein dalam kopi dapat membantu melindungi sel-sel saraf dari kerusakan, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit Parkinson.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology menemukan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 32% lebih rendah terkena penyakit Parkinson dibandingkan orang yang tidak minum kopi.

3. Meningkatkan fungsi otak

Kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan daya ingat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology menemukan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 20% lebih rendah terkena Alzheimer dibandingkan orang yang tidak minum kopi.

4. Mengurangi risiko penyakit hati

Sumber: