Mahasiswa PMM3 UPN Jatim Tanam 1.000 Mangrove dan Pelepasliaran Burung di Kebun Raya Mangrove Surabaya

Mahasiswa PMM3 UPN Jatim Tanam 1.000 Mangrove dan Pelepasliaran Burung di Kebun Raya Mangrove Surabaya

Mahasiswa PMM3 UPN Jatim Tanam 1.000 Mangrove dan Pelepasliaran Burung di Kebun Raya Mangrove Surabaya--

SURABAYA, MEMORANDUM -  Memperingati Hari Sumpah Pemuda, 308 mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) inbound UPN Veteran Jawa Timur melakukan kontribusi sosial menanam 1000 mangrove dan pelepasliaran ratusan burung di Kebun Mangrove Surabaya, Selasa, 31 Oktober 2023.

Acara bertema “bersatu dalam keberagaman untuk pelestarian ekosistem” dibuka dengan melakukan pelepasliaran 12 burung perkutut dan ratusan burung pipit oleh Rektor UPN Jatim Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT.,IPU serta 308 mahasiswa yang berasal dari Sabang sampai Merauke.

Pelepasliaran burung merupakan tradisi asia membebaskan makhluk hidup ke alam lepas sebagai lambang syukur manusia, upaya menabur karma baik, dan melambangkan harapan 12 kelompok sebagai usaha keseimbangan dan harmoni alam.

BACA JUGA:Kerjasama Apik KKN-T Kelompok 1 Periode 2 UPN Veteran Jatim dan Perangkat Desa di Posyandu Remaja

"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan rasa cinta mahasiswa terhadap lingkungan dan menjaga kelestarian bumi," ujar Ketua Pelaksana Farikha Rachmawati.

Acara dilanjutkan dengan kuliah kebangsaan dari Rektor UPN Veteran Jawa Timur.

Pada sesi ini, mahasiswa diberikan pemahaman tentang makna cinta tanah air, semangat dalam keberagaman, hingga tebak-tebakan tentang jumlah pulau dan Bahasa Indonesia.

Sesi kuliah kebangsaan diakhiri dengan pembacaan sumpah pemuda bersama-sama.

BACA JUGA:KKN-T UPN Veteran Jatim Lakukan Garpu Sampah di Pantai Kampung Pelangi Probolinggo

BACA JUGA:Persma UPN Veteran Jawa Timur Sambang Dapur Redaksi Memorandum

"Senang sekali dapat berpartisipasi dalam acara ini, jadi lebih cinta terhadap lingkungan dan saya dapat uang Rp 100 ribu dari Pak Rektor," ujar Erik, Mahasiswa PMM 3 asal Institut Teknologi Kalimantan sambil tersenyum.(*)

Sumber: