Angka Pengangguran Terbuka Kabupaten Malang Tiap Tahun Meningkat

Angka Pengangguran Terbuka Kabupaten Malang Tiap Tahun Meningkat

Kadisnaker dan kepala BPS--

MALANG, MEMORANDUM - Angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Malang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malang, pada tahun 2022 mencapai angka 6,57 persen atau 97.319 jiwa dari total jumlah angkatan kerja sebesar 1.481.324 jiwa. 

Meningkatnya TPT dikabupaten Malang tidak hanya dari sektor industri saja, namun ada beberapa sektor yang menjadi pendukungnya. BPS mencontohkan seperti dari sektor perdagangan dan pertanian, juga ikut berperan dalam penambahan peningkatan angka TPT.

BACA JUGA:Angka Kemiskinan di Sidoarjo 2023 Turun 6,54 Ribu Jiwa

"Dari sektor pertanian pernah ditemukan fenomena kelangkaan pupuk, hal ini membawa dampak yang cukup besar bagi TPT," ungkap Ir. Surya Astuti MM kepala BPS kabupaten Malang, Kamis 26 Oktober 2023 saat lakukan kunjungan persahabatan ke Disnaker.

Peningkatan angka yang terjadi pada TPT tidak bisa hanya dilihat dari satu sektor saja, namun harus dilihat secara menyeluruh. Karena fenomena peningkatan yang paling tinggi, saat terjadinya pandemi covid- 19 sangat dirasakan oleh semua sektor.

Jika bicara terjadinya peningkatan TPT siapa yang paling bertanggung jawa, hal ini tidak bisa di bebankan secara menyeluruh pada Disnaker. Namun untuk menangani pengangguran, harus dilakukan oleh semua pihak karena menjadi tanggung jawab semua.

BACA JUGA:Entas Kemiskinan, Pj Wali Kota Wahyu Harap Pemutakhiran Data

“Pengangguran merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Malang secara keseluruhan. Tanggung jawab bersama,” kata, Surya.

Surya menambahkan, untuk menurunkan angka TPT di Kabupaten Malang, Surya menawarkan solusi. BPS menyarankan agar Disnaker mengumpulkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Kemudian mengundang BPS sebagai nara sumber, untuk menjadi pembina statistik sektoral. 

BPS menilai duduk bersama dengan lintas OPD, menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menurunkan angka pengangguran. Jika ingin mengurangi pengangguran, dilihat dulu sektor mana yang paling besar menyumbang prosentase. 

BACA JUGA:Nota Keuangan R-APBD Surabaya 2024 Diserahkan, Salah Satu Prioritas Pengentasan Kemiskinan

Karena meningkatnya TPT bukan hanya dari sektor industri, tapi ada beberapa sektor. Setelah tahu mana yang paling besar, bisa bersama-sama untuk mencarikan solusinya.

Perlu diketahui berdasarkan data BPS jumlah TPT di Kabupaten Malang pada 2022, alami  peningkatan prosentase sebesar 5,40 % atau 77.267 jiwa jika dibanding tahun 2021. Artinya terdapat peningkatan jumlah pengangguran terbuka sebanyak 20.052 orang.

Sumber: