Pengakuan Pejabat OPD, TP2ID Pegang Kendali Anggaran Kabupaten Blitar

Pengakuan Pejabat OPD, TP2ID Pegang Kendali Anggaran Kabupaten Blitar

Bupati Blitar Rini Syarifah--

BLITAR, MEMORANDUM - Maraknya pemberitaan tentang Tim Percepatan dan Pembangunan Inovasi Daerah (TP2ID) akhir-akhir ini, membuat banyak pejabat birokrasi memberikan pengakuan.

Pengakuan ini terkait sepak terjang TP2ID yang sering mengintervensi organisasi perangkat daerah (OPD) selama pemerintahan Bupati Blitar Rini Syarifah, berlangsung.

"Selama ini, memang kami merasa diintervensi, apa lagi kalau terkait anggaran. Yang kemarin ramai di media soal pemanggilan OPD, itu benar. Sampai, masing-masing pimpinan disuruh memperlihatkan anggaran kok," ungkap salah satu pejabat Birokrasi Pemkab Blitar yang dirahasiakan namanya.

BACA JUGA:TP2ID Kendalikan Pemerintahan Kabupaten Blitar, Seruan Hak Angket Terus Bergema

BACA JUGA:Beberapa Anggota Mundur, TP2ID Kabupaten Blitar Terancam Bubar

Ketua TP2ID pernah membantah melakukan intervensi pada OPD, namun hal ini malah menimbulkan gelombang pengakuan dari para pejabat birokrasi yang telah muak selama ini merasa diintimidasi.

Kenyataan bahwa penanggung jawab TP2ID adalah kakak kandung bupati, membuat para kepala OPD dan jajarannya tak berkutik. Pasalnya, menurut pengakuan mereka, TP2ID-lah yang mengatur segala mutasi di lingkup Pemkab Blitar.

"Anggaran APBD mereka (TP2ID) yang mengatur. Mutasi dan semuanya mereka juga yg kendalikan, sampai merangkap jadi penggarap proyek. Intinya kabupaten ini di tangan mereka sekarang," paparnya.

Fenomena ini serasa tak bisa dibantah, lantaran selama ini awak media pun kesulitan mendapatkan informasi, karena takutnya para perangkat OPD  berbicara ke publik. 

Padahal, seringkali informasi tersebut penting diketahui oleh publik. Bahkan, seorang pejabat birokrasi pernah tetang-terangan mengaku takut berbicara, lantaran khawatir akan dimutasi.

"Ngapunten mas, ojo masalah iku, aku sek pengen kerjo ndek kene (Maaf mas, jangan masalah itu, saya masih ingin kerja di sini)," ujar salah satu pejabat birokrasi Pemkab Blitar saat ditanyai perihal TP2ID.

BACA JUGA:Diduga Intervensi OPD, Ketua TP2ID Kabupaten Blitar Bantah Panggil Beberapa Kepala Dinas

BACA JUGA:Respon Kabar TP2ID Kabupaten Blitar Intervensi OPD, Ketua Komisi III: Bubarkan Saja

Sebelumnya, polemik TP2ID ini pertama kali mencuat ketika salah satu Kepala OPD berani membuat pengakuan bahwa mereka dipanggil dan diintervensi oleh TP2ID. 

Sumber: