Tidur Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh, 5 Manfaat Istirahat dan Tidur Yang Cukup

Tidur Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh, 5 Manfaat Istirahat dan Tidur Yang Cukup

--Unsplash

Surabaya, memorandum– Selain menghilangkan rasa kantuk, istirahat dan tidur yang cukup dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda, umumnya membutuhkan waktu tidur malam selama 7-9 jam. Ingin tau manfaat apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan suasana hati
Istirahat dan tidur yang berkualitas juga dapat menyegarkan kembali pikiran dan suasana hati, sehingga Anda lebih siap menjalani aktivitas dan menyelesaikan pekerjaan.

2. Meningkatkan daya ingat
Manfaat istirahat dan tidur selanjutnya adalah memudahkan Anda mengingat hal-hal secara detail. Tanpa istirahat dan tidur yang cukup, Anda akan sulit fokus dalam menerima informasi baru dan otak pun tidak memiliki cukup waktu untuk mengingat sesuatu dengan baik.

3. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas
Manfaat istirahat dan tidur yang bisa langsung Anda rasakan adalah tubuh terasa lebih benergi dan fit keesokan harinya. Selain itu, cukup tidur juga baik untuk menjaga fungsi otak. Hal ini tentu akan membantu Anda lebih produktif, lebih fokus, dan lebih konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

4. Mengontrol kadar gula darah
Kurang istirahat atau tidur dapat memiliki efek kesehatan yang berkaitan dengan metabolisme tubuh dan salah satunya adalah peningkatan kadar gula darah. Hal ini tentunya dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

5. Menjaga berat badan tetap ideal
Tidur dan istirahat yang cukup juga bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal. Berbagai penelitian membuktikan bahwa kurang tidur bisa mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan dalam tubuh.

Itulah, beragam manfaat istirahat dan tidur yang cukup bagi kesehatan tubuh. Agar bisa mendapatkan manfaat tersebut secara maksimal jangan lupa mengatur pola tidur anda. Jika memiliki kelulah susah tidur segera konsultasi ke dokter. (mg2)

Sumber: