Tiba di Mapolres Tulungagung, AKBP Taat Disambut Reog Kendang dan Tradisi Pedang Pora

Tiba di Mapolres Tulungagung, AKBP Taat Disambut Reog Kendang dan Tradisi Pedang Pora

AKBP Muhamad Taat Resdianto dan Ketua Bhayangkari Cabang Tulungagung tiba di Mapolres Tulungagung.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Masyarakat yang melintas di Jalan Ahmad Yani Timur Tulungagung berhenti sejenak pada Sabtu 20 Juli 2024. Sebagian dari mereka terlihat menyempatkan diri, mengabadikan momentum penyambutan pejabat Kapolres Tulungagung, AKBP Muhammad Taat Resdianto.

Kehadiran orang nomor satu di pucuk pimpinan Polres Tulungagung tersebut diawali dengan pengalungan bunga oleh Wakapolres Tulungagung, Kompol Christian Bagus Yulianto. 

Berjalan menuju mapolres, AKBP Taat dan Ketua Bhayangkari Cabang Tulungagung diiringi tarian reog kendang yang disuguhkan langsung oleh anggota Polres Tulungagung.

BACA JUGA:Kapolres Pasuruan Kota AKBP Davis Disambut Pedang Pora dan Tarian Payung Madinah

BACA JUGA:Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta

Sesampainya di depan gerbang polres, AKBP Taat menerima laporan kondisi terkini Mapolres Tulungagung. Setelah itu sambutan dilanjutkan dengan tradisi pedang pora hingga sampai di pintu kantor Mapolres Tulungagung.

Di sana, pejabat lama Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi sudah menunggu untuk menyambut adik asuhnya itu. Kemudian mengajaknya masuk ke dalam ruang kerja bersama para PJU Polres Tulungagung.

Kasi Humas Polres Tulungagung, Iptu Mujiatno mengatakan, prosesi upacara pedang pora adalah tradisi penyambutan dan pelepasan yang biasa dilakukan di lingkup Polri, termasuk di Polres Tulungagung.

Pihaknya telah mempersiapkan prosesi penyambutan ini jauh-jauh hari, dengan harapan kesakralan dan pelaksanaannya berjalan lancar tanpa ada hambatan.

"Prosesi pedang pora merupakan sebuah tradisi di institusi kami dan di Polres Tulungagung. Biasanya dilakukan untuk menyambut kedatangan kapolres baru dan melepas pejabat lama," terang Mujiatno.

BACA JUGA:AKBP Arief Kurniawan Gantikan AKBP Adhitya Panji Anom,Tradisi Pedang Pora Kapolres Gresik

BACA JUGA:Disambut Pedang Pora dan Tari Penyambutan, AKBP Wiwit Adisatria Resmi Jabat Kapolres Blitar

Selanjutnya, AKBP Taat akan langsung bertugas sebagai Kapolres Tulungagung. Sedangkan AKBP Teuku Arsya Khadafi akan langsung terbang ke Jakarta, untuk mengemban tugas baru sebagai Wakapolres Jakarta Barat Polda Metro Jaya.

"Prosesi penyambutannya sudah selesai. Sebenarnya sejak pisah sambut kemarin, bapak (AKBP Taat) langsung bekerja karena ada pengamanan konser di Gor Lembu Peteng. Begitu pun hari ini, pasca prosesi pastinya bapak langsung melaksanakan tugasnya sebagai Kapolres Tulungagung," urainya.

Sumber: