Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Cara Menjaga Kesehatan Lambung

.

Surabaya, Memorandum.co.id Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting. Tidak hanya menampung makanan, lambung juga berperan untuk mengolah, dan memproses makanan.

Menjaga kesehatan lambung menjadi hal yang sangat penting karena lambung juga memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem pencernaan.

Jika kesehatan lambung terganggu, tentunya lambung tidak akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Fungsi sistem pencernaan secara keseluruhan juga dapat terganggu dan dapat memicu berbagai gangguan organ sistem pencernaan lainnya.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan lambung yang bisa Anda terapkan dengan mudah:

Gangguan lambung dan sistem pencernaan juga bisa disebabkan oleh stres. Oleh sebab itu, menghindari stres sangat penting dilakukan agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik.

Jaga asupan makanan, Terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika menginginkan lambung yang sehat, contohnya seperti makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, dan memiliki kandungan lemak jahat.

Hindari konsumsi kafein, kandungan kafein mampu memicu produksi asam lambung. Demi menjaga kesehatan lambung, sebaiknya batasi konsumsi kafein sehari-hari.

Selanjutnya yakni Hindari rokok dan minuman beralkohol. Minuman beralkohol yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu iritasi lambung yang akan mengganggu fungsi lambung.

Konsumsi probiotik untuk meningkatkan bakteri baik dalam pencernaan agar sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik. Probiotik bisa didapatkan melalui makanan dan minuman hasil fermentasi.

Cara menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan yang berikutnya adalah dengan olahraga rutin. Penderita penyakit asam lambung biasanya merasa kesulitan untuk mencari jenis olahraga yang tepat karena beberapa jenis olahraga dapat dengan cepat meningkatkan asam lambung.

Olahraga yang direkomendasikan adalah seperti beranang, yoga, atau bersepeda. Sesusaikan juga jumlah olahraga dengan kapasitas tubuh, tidak perlu mamaksakan diri. (rdh)

Sumber: