Kemenkumham Maluku Gelar SKD CPNS 2024, Ribuan Peserta Berebut Kursi

Kemenkumham Maluku Gelar SKD CPNS 2024, Ribuan Peserta Berebut Kursi

Sebanyak 6.798 peserta dari berbagai penjuru Maluku mengikuti tahap seleksi yang berlangsung di Islamic Center Ambon--

AMBON, MEMORANDUM.CO.ID - Antusiasme generasi muda Maluku untuk mengabdi sebagai aparatur sipil negara (ASN) kembali dibuktikan dengan membeludaknya peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tahun 2024.

Sebanyak 6.798 peserta dari berbagai penjuru Maluku akan mengikuti tahap seleksi yang berlangsung di Islamic Center Ambon, Sabtu-Selasa, 19-22 Oktober 2024.

Persaingan untuk meraih kursi emas sebagai ASN Kemenkumham diprediksi akan sangat ketat. Hal ini mengingat jumlah formasi yang tersedia terbatas.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Maluku Tinjau Lokasi Pelaksanaan SKD CASN 2024

BACA JUGA:Tingkatkan Sinergi, Kakanwil Kemenkumham Maluku Koordinasi dengan BNNP Maluku

Kakanwil Kemenkumham Maluku, Hendro Tri Prasetyo, mengungkapkan bahwa para peserta akan diuji kemampuannya dalam tiga aspek utama, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Kami mengapresiasi antusiasme masyarakat Maluku terhadap penerimaan CPNS Kemenkumham tahun ini. Ini menunjukkan bahwa masih banyak anak muda yang memiliki semangat untuk berkontribusi bagi negara," ujar Hendro.

Mengingat banyaknya jumlah peserta tahun ini, Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Maluku, Muhammad Akram mengakui bahwa persiapan telah dilaksanakan dengan matang hingga telah melakukan simulasi dan gladi sehari sebelum pelaksanaan SKD.  

BACA JUGA:Kemenkumham Maluku Beberkan Proses SKD ke Awak Media

BACA JUGA:Kemenkumham Maluku Matangkan Persiapan SKD CPNS Tahun 2024

Kendati telah dipersiapkan dengan matang, Akram mengungkapkan bahwa pelaksanaan SKD dihari pertama, Sabtu 19 Oktober 2024 ini diwarnai tantangan teknis berupa gangguan jaringan yang tidak hanya terjadi di Maluku, tetapi juga di beberapa lokasi lainnya. Akibatnya, dari tiga sesi yang direncanakan, hanya satu sesi yang dapat terlaksana dengan diikuti oleh 436 peserta.

Dihadapan para peserta sesi ke-3 dan 4, Akram menjelaskan bahwa pihaknya selaku panitia daerah, bersama panitia pusat dan panitia dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah berupaya maksimal untuk mengatasi kendala tersebut. 

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang para peserta alami akibat gangguan jaringan ini. Tim IT kami telah bekerja keras untuk mengatasi masalah ini, dan kami berharap pada sesi-sesi berikutnya pelaksanaan dapat berjalan lebih lancar, Dan Kami doakan untuk pencapaian hasil terbaik bagi peserta sekalian untuk test yg akan diikuti nanti" ungkap Akram.

BACA JUGA:Kemenkumham Maluku Fasilitasi Harmonisasi Dua Ranperbup Seram Bagian Timur Terkait RSUD Bula

Sumber: