Waspadai Narkoba Jalur Laut, Polsek Kwanyar Sisir Pangkalan Nelayan Desa Batah Barat

Waspadai Narkoba Jalur Laut, Polsek Kwanyar Sisir Pangkalan Nelayan Desa Batah Barat

AKP Moh Mansur dan anggota menyisier perahu nelayan yang baru sandar.--

BANGKALAN, MEMORANDUM.CO.ID - Kapolsek Kwanyar AKP Moh Mansur rajin mendatangi pangkalan nelayan di pesisir pantai. Sebagai upaya memutus mata rantai peradaran narkoba lewat jalur laut. Giat ini, rutin dilakukan.

“Kegiatan patroli di kawasan pesisir rutin kami lakukan setiap pekan,” kata AKP Moh Mansur. 

Terlebih, Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Awang Joko Rumitro, saat merilis ungkap kasus narkotika di skala besar jaringan internasional di pendopo agung Pemkab Bangkalan, Selasa 15 Oktober 2024 lalu, menegaskan bahwa Madura, termasuk Kabupaten Bangkalan, menjadi target bursa peredaran narkoba.

 BACA JUGA:Jaga Tahapan Kampanye, Polsek Kwanyar Rutin Patroli Sambang Desa

Menyikapi info ini, giat patroli kapolsek dan beberapa anggota, kembali menyisir kawasan pesisir pantai, Rabu  17 Oktober 2024 pagi. Kali ini khusus  memantau pangkalan nelayan di Desa Batah Barat.  Rutinitas patroli ini merupakan bentuk kewaspadaan polsek untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyelundupan narkoba lewat jalur laut.

Tiba di pangkalan, kapolsek dan anggota, secara bergilir menyisir, memantau dan menggeledah satu-persatu puluhan perahu nelayan yang baru sandar di pangkalan selepas melaut semalam suntuk. “Peggeledahan tidak hanya fokus pada ragam jenis narkoba. Tetapi barang seperti bondet (bom ikan-Red)  juga menjadi fokus perhatian anggota,” tandas AKP Moh Mansur. 

Syukurlah, setelah melakukan pemeriksaan terhadap puluhan perahu  nelayan, baik yang baru sandar maupun akan berangkat berburu ragam biota laut, Kapolsek dan anggota tidak menemukan barang terlarang. “Alhamdulillah, rekan-rekan nelayan amat memathui protap yang wajib ditaati mereka saat melaut,” ungjap Moh Mansur. Tidak ada temuan bondet, apa lagi terlebih narkoba dan barang terlarang lainnya.’

BACA JUGA:Cegah Aksi 3C, Polsek Kwanyar Rutin Sisir Obvit di Perkotaan

Kapolsek kemudian mengumpulkan puluhan nelayan untuk menyampaikan arahan singkat. Di hadapan mereka, AKP Moh Moh Mansur, menjelaskan bahwa tekad untuk memutus mata rantai ragam jenis narkoba, tidak hanya menjadi komitment dan beban tugas polsek. Tetapi memberantas peredaran nartkoba di Kabupaten Bangkalan, menjadi tekad dan  komitment bersama dari para tokoh agama,tokoh masyarakat dan forkopimda di Kabupaten Bangkalan.

”Termasuk Polsek dan rekan TNI di lingkup  Koramil 0829/05 Kwanyar,”  pungkas AKP Moh Mansur.(Ras/day)

Sumber: