Jaga Tahapan Kampanye, Polsek Kwanyar Rutin Patroli Sambang Desa

Jaga Tahapan Kampanye, Polsek Kwanyar Rutin Patroli Sambang Desa

Kapolsek AKP Moh Mansur SH berdialog dengan kades, toga, tomas dan toda di Desa Karang Entang.--

BANGKALAN, MEMORANDUM.CO.ID - Berbagai upaya terus diakumulasikan Kapolsek Kwanyar AKP Moh Mansur SH untuk mengawal kondusfitas wilayah hukum polsek. Salah satunya, ketika pilkada serentak, termasuk Pilbup Bangkalan memasuki tahapan kampanye 25 September hingga 23 November, polsek semakin menggalakkan rutinitas patroli sambang desa.

Secara bergilir 16 desa disambangi satu persatu secara door to door system (DDS). Tujujuannya untuk menyerukan ajakan agar warga pedesaan tetap guyup dan rukun bersatu. Kompak menjaga kondusifitas wilayah selama tahapan kampanye hingga tuntasnya penmugutan suara 27 November nanti.

Seperti Kamis malam, 10 Oktober 2024, AKP Moh Mansur bersama beberapa anggota nyambangi Desa Karang Entang. ”Kami bertemu dengan para Kepala Desa (Kades) Tokoh Agama ( Toga), Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Tokoh Pemuda (Toda),” jelas kapolsek.

BACA JUGA:Cegah Aksi 3C, Polsek Kwanyar Rutin Sisir Obvit di Perkotaan

Mantan KBO Satlantas Polres menjelaskan, tahapan kampanye, pemungutan suara dan peghitungan suara hasil Pilkada, tergolong fase paling krusial dalam kontestasi percaturan politik praktis. “Selama tahapan ini, potensi gangguan kamtibmas karena adanya konflik politik antar pendukung dua paslon Bupati-Wakil Bupati yang tampil  dalam pilkada, cukup  berpotensi terjadi,” tegas AKP Moh Mansur. 

Karenanya, sesuai amanah Kapolres, AKBP Febri Ismanjaya, seluruh Kapolsek di 17 Polsek jajaran, harus berupaya untuk mengantisipasi potensi negatif tersebut. 

“Untuk itu kami ajak para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, agar ikut aktif mengedukasi warga pedesaan,” tandas kapolsek.

BACA JUGA:Polsek Kwanyar Imbau Nelayan Tak Gunakan Jaring Trawl Agar Tak Rusak Ekosistem Laut

Diantaranya, sampaikan ajakan kepada seluruh warga, termasuk di Desa Karerng Entang, agarmereka  tetap guyup dan  bersatu. Jangan terpecah-belah hanya karena beda dukungan dan pilihan dalam Pilkada. ”Sebaliknya, ajak seluruh warga untuk kompak bersama jaga harkatibmas selama tahapan kampanye dan pemungutan suara di setiap TPS. Tujuannya , agar Pilbup di Kabupaten Bangkalan berjalan demokratis, jurdil dan bermartabat, ” pesan AKP Moh Mansur.

Imbauan berbasis edukatif ini dipatuhi dan diterapkan oleh para toga, tomas, toda serta seluruh warga pedesaan, Kapolsek optimis Pilkada di 16 desa, Kecamatan Kwanyar, akan berlansung tertib, lancar, aman dan sukses.

Syukurlah, para tokoh berpengaruh di Desa Kareng Entang, sangat responsif. Mereka sepakat untuk ikut jaga dan kawal kondusifitas wilayah, agar Pilkada bergulir demokratis, jurdil dan bermartabat.” Ke depan, giat patroli sambang desa ini akan terus kami intensifkan hingga semua tahapan Pilkanda tuntas,” pungkas AKP Moh Mansur.(Ras)

Sumber: