Arif Fathoni: Pengawasan Lebih Efektif, Setiap Kampung Harus Terpasang CCTV

Arif Fathoni: Pengawasan Lebih Efektif, Setiap Kampung Harus Terpasang CCTV

-Ilustrasi-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Wakil Ketua DPRD Surabaya sementara, Arif Fathoni, atau yang akrab disapa Cak Toni, mendorong percepatan pemasangan CCTV di setiap kampung di Kota Surabaya sebagai langkah strategis dalam menjaga keamanan lingkungan.

BACA JUGA:Cegah Aksi Curanmor, Pengurus Kampung RW 4 Wonokusumo Aktifkan Portal dan Pasang Belasan CCTV

"Surabaya harus menjadi kota yang aman dan nyaman. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak CCTV di setiap sudut kampung," tegas Cak Toni.

BACA JUGA:Berbekal Rekaman CCTV, Polisi Ciduk Maling Motor di Pasar Wonokusumo, Satu Orang DPO

Dengan adanya CCTV, Cak Toni yakin pengawasan terhadap lingkungan akan semakin efektif. Terutama untuk titik dan daerah rawan kejahatan harus diprioritaskan.

BACA JUGA:Duta Babak Belur Dihajar Massa Setelah Tertangkap CCTV Curi Motor Tetangga

Dengan begitu setiap sudut kampung akan terpantau, sehingga pergerakan orang yang mencurigakan dapat dengan mudah terdeteksi. 

BACA JUGA:Tiga Bandit Curi Dua Motor di Siwalankerto, Terduga Pelaku Tertangkap CCTV, Beraksi Hanya 30 Detik

"Dengan anggaran yang dimilki Pemkot Surabaya, saya kira mampu untuk memasang CCTV di setiap kampung. APBD kita bisa meng-cover-nya," kata Cak Toni.

BACA JUGA:Bandit Motor Terekam CCTV Gasak Vario Sales Marketing Provider Internet

Menurutnya pemasangan CCTV tidak harus seluruhnya menggunakan anggaran APBD. Melainkan bisa melibatkan berbagai pihak, termasuk swasta. Dengan total 1.159 RW di seluruh Surabaya, kota sekelas Surabaya bisa mengcover CCTV sebanyak ini. 

BACA JUGA:Bandit Motor Acak-Acak Kampus C Unair, Terekam CCTV Gasak Beat Mahasiwa

Cak Toni kembali menekankan pentingnya sinergi antara TNI, Polri, Pemkot, dan warga dalam menjaga keamanan. Babinsa dan Babinkamtibmas bersama kelurahan kecamatan dan warga akan bergerak serentak menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Setiap gejala hingga pergerakan orang di lingkungan kampung dan tempat tertentu akan sangat mudah dikenali.

BACA JUGA:Identifikasi via CCTV, Terduga Pelaku Pencurian Kabel Satu Ton Diringkus Unit Reskrim Polsek Asemrowo

Sumber: