Kemenkeu dan Polinema Beri ORASI dan Literasi Investasi ke Mahasiswa

Kemenkeu dan Polinema Beri ORASI dan Literasi Investasi ke Mahasiswa

pelaksanaan Orasi di Gedung Graha Polinema--

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Kementerian Keuangan bersama Politeknik Negeri Malang (Polinema) melakukan ORASI (Obrolan Investasi untuk Negeri), serta Edukasi peran pembiayaan APBN dan Literasi Investasi Surat Berharga Negara (SBN) ritel, di Graha Polinema, Rabu 9 Oktober 2024.

Kerjasama dimaksudkan, untuk peningkatan literasi keuangan. Khususnya mengenai SBN sekaligus marketing Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI026 dan pelaksanaan pengembangan investor ritel domestik ke generasi muda.

BACA JUGA:Atasi Pemukiman Kumuh di Lumajang, DPKP dan Polinema Teken MoU

BACA JUGA:Hadiri Expo Polinema, Wali Kota Sutiaji: Bakal Punya Batik Ikonik

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polinema, Dr Eng Anggit Murdani menyampaikan, ORASI serta edukasi, wujud kerja sama Kemenkeu dengan Polinema.

“Semoga dapat memberikan manfaat untuk semua peserta yang hadir,” terang Anggit Murdani mewakili Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo.

BACA JUGA:SIG Ghopo Tuban Terima Kunjungan Industri dari Lembaga Pendidikan Polinema

Di sesi pagi, diisi edukasi peran pembiayaan APBN dan Literasi Investasi SBN ritel. Menghadirkan narasumber Kepala Subdirektorat Analisis Keuangan dan Pasar SUN, Direktorat SUN, DJPPR, Novi Puspita Wardani, dengan moderator Aang Afandi, Ketua Jurusan Akuntansi Polinema.

Sedangkan sesi siang diisi dengan ORASI, dengan Keynote Speech dari Kasubdit Pengelolaan Portofolio Surat Utang Negara (SUN) Direktorat SUN, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Singgih Gunarsa.

“Pembiayaan APBN memainkan peran vital dalam mendukung pembangunan negara. Mulai infrastruktur hingga peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tentunya memerlukan dukungan, salah satunya melalui SBN ritel yang dapat diakses masyarakat luas,” terang Novi.

Selain itu, kata Novi, juga landasan hukum, bentuk, jenis, produk, tujuan dan manfaat, penatausahaan, dan proses bisnis penerbitan SBN. Di sesi siang, menghadirkan dua narasumber. Kasubdit Pengelolaan Portofolio SUN, Direktorat SUN, Singgih Gunarsa dan Financial Planner, Nurfitria Pratiwi, moderator Raisya Amalia.

BACA JUGA:4 Balon Direktur Polinema, Adu Program di Depan Senat, Dosen, dan Mahasiswa

BACA JUGA:BTN Beri Bantuan 24 Mahasiswa Asing Polinema

“SBN ritel memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan negara, sambil memperoleh keuntungan. Literasi investasi penting, semua dapat memahami risiko dan manfaat investasi di SBN Ritel," terang Singgih.

Sumber: