Diskominfo Bersama PWI Malang Raya Beri Pelatihan Digital Branding dan Marketing

Diskominfo Bersama PWI Malang Raya Beri Pelatihan Digital Branding dan Marketing

Prosesi pelaksanaan seminar digital marketing -Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya memberikan Pelatihan Digital Branding dan Marketing di Gedung RCE Center KPPN Kota Malang, Kamis 22 Agustus 2024.

Pelatihanan bertajuk Strategi Branding Omni Channel (STROM) UMKM Kota Malang itu, diikuti 76 pelaku UMKM binaan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, PWI Malang Raya dan Dewan Masjid Kota Malang.

Dibuka secara langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, serta dua orang pemateri dari Pengurus PWI Malang Raya, Sunavip Ra Indrata dan Muhaimin. 

BACA JUGA:Jurnalis Malang Raya Beraksi Tolak Revisi RUU Penyiaran

Erick menjelaskan, potensi UMKM di Kota Malang  sangat banyak. Dengan pelatihan, diharapkan dapat menambah kompetensi dan inovasi. Memperkaya literatur untuk bersaing di era digital. 

“Pelaku UMKM diberi bekal. Bagaimana produk berkualitas, bisa ditampilkan dalam suatu karya. Nantinya, bisa dipasarkan lewat media sosial. Atau bahkan,  membuat branding untuk produknya,” terang Erik. 

Dalam pelatihan tersebut, diberikan bekal bagaimana produknya dapat berkualitas. Mulai dari proses pengemasan, teknik fotografi, pembuatan narasi atau caption, hingga menjalin jejaring yang lebih luas.

BACA JUGA:Pj Walikota Malang Buka Diklat GANN DPC Malang Raya

“Kami berharap, bekal ini bisa membuat pelaku UMKM, tidak hanya sekedar naik kelas. Tetapi mempunyai kemampuan entepreneurship yang harus dimiliki di era digital saat ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Muhammad Nur Widianto menyampaikan, Diskominfo sudah memiliki rubrik UMKM of the Week. Dalam proses komunikasi para UMKM, telah memahami ekosistem online. 

“Namun, masih banyak yang kesulitan dalam memvisualisasikan produk. Secara menarik dan estetik di berbagai kanal media sosial. Karena itu, bersama PWI Malang Raya menginisiasi kegiatan digital kreatif dan marketing ini,” jelasnya.

BACA JUGA:Tokoh Masyarakat Malang Raya Harap Pemilu Berlangsung Sukses

Selain itu, lanjut Wiwid, inisiatif tersebut bertujuan membangun strategi branding omni channel bagi UMKM di Kota Malang. Menggunakan berbagai platform, termasuk media sosial, bahkan juga bioskop. 

"Salah satu langkah yang akan kami coba, menggandeng dunia bioskop. Untuk menampilkan produk UMKM di sana. Semakin banyak varian UMKM, yang dikenal masyarakat. Ini misi yang kami bangun bersama," tuturnya. (edr)

Sumber: