Dirjen Kementerian ESDM Sebut Peran Penting Anak Muda Selamatkan Bumi

Dirjen Kementerian ESDM Sebut Peran Penting Anak Muda Selamatkan Bumi

prosesi closing seremoni Pesmaba di DOME UMM--

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM RI Prof. Dr. Eniya Listiani Dewi, M.Eng., IPU menyampaikan, anak muda punya peran dalam transisi energi di Indonesia. 

Hal itu disampaikan di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), saat motivasi dan penutupan Pengenalan Studi mahasiswa baru (Pesmaba) UMM, Jumat 13 September 2024.

BACA JUGA:Pemkab Malang Laporkan 15 Tambang Ilegal pada ESDM Propinsi Jatim

BACA JUGA:Kementerian ESDM Ungkap Ada 4.578 Pemohon Konversi Motor BBM ke Listrik

Ia menyampaikan orasi tentang, ‘Generasi Digital Generasi Penyelemat Bumi’. Menurutnya, anak muda memiliki peran krusial dalam transisi energi. Melalui inovasi dan teknologi, riset dan pendidikan. Termasuk, sebagai generasi yang lebih terbuka terhadap perkembangan teknologi

“Generasi muda ini unik. Kalian punya potensi lebih dalam mengembangkan teknologi. Seperti panel surya, turbin angin, dan baterai penyimpanan energi yang lebih efisien. Juga bisa menemukan cara baru memanfaatkan energi bersih, dengan biaya lebih rendah, dampak lingkungan minimal,” terangnya.

BACA JUGA:SIG Raih Tiga Penghargaan Kementerian ESDM di Ajang Good Mining Practices Award 2022

BACA JUGA:Kolaborasi Sambut Era EV Kementerian ESDM dan PLN Gelar Parade Motor Listrik di Bali

Selama ini, kata dia, di UMM telah  mengimplementasika teknologi mengoptimalkan energi baru terbarukan. Salah satunya,  Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Serta panel surya sebagai sumber listrik alternatif.

Anak muda, menurutnya, bisa mengambil peran di sektor riset dan pendidikan, menciptakan terobosan penting. Riset dapat berfokus pada pengembangan teknologi energi terbarukan. Mengintegrasikan energi bersih ke dalam jaringan listrik nasional.

“Peran lain, menyebarkan kesadaran masyarakat pentingnya transisi energi melalui penyuluhan inovatif. Seperti di Kementerian ESDM, yakni Patriot Energi dan Gerilya (Gerakan Inisiatif Tenaga Surya),” lanjutnya.

BACA JUGA:Menteri ESDM: Program Dedieselisasi PLN Kunci RI Capai Net Zero Emission pada 2060

Sementara itu, Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. mengucapkan selamat, kepada seluruh maba. Telah resmi menjadi keluarga besar Jas Merah Kampus Putih. 

“Saudara adalah harapan kami, menjadi generasi terbaik menyambut Indonesia Emas 2045. Memegang kendali di berbagai bidang, menjadi pioner  membangun peradaban bangsa. Manfaatkan waktu yang singkat, selama di UMM. Mengeksplorasi semua,sebagai bekal generasi terbaik," pesan Rektor. (edr)

Sumber: