Raker dan FGD JMSI Jatim Bahas Kualitas Konten hingga Kesehatan Mental Pekerja Pers

Raker dan FGD JMSI Jatim Bahas Kualitas Konten hingga Kesehatan Mental Pekerja Pers

JMSI Jatim menggelar raker dan FGD bertema Peran Media Siber Dalam Memperkuat Literasi Digital untuk Membangun Demokrasi Digital yang Sehat--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Kerja (Raker) dan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Kampi Surabaya, Kamis (19/9/2024).

Acara yang didukung Bank Jatim ini dihadiri seluruh anggota JMSI dari berbagai kabupaten dan kota di Jawa Timur.  

Mengambil tema "Peran Media Siber Dalam Memperkuat Literasi Digital untuk Membangun Demokrasi Digital yang Sehat", acara ini menjadi wadah bagi para pelaku media siber untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas konten berita dan memperhatikan kesehatan mental para pekerja pers.

Ketua JMSI Jatim, Syaiful Anam, dalam sambutannya menekankan pentingnya penguatan media siber dari sisi konten maupun bisnis.

BACA JUGA:Pelantikan JMSI Sumenep, Ketua JMSI Jatim Ajak Media Aktif Kembangkan Daerah

BACA JUGA:Ajak Lestarikan Alam, JMSI Bojonegoro Tanam Pohon di Ngunut

"Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keberlangsungan media siber dengan tetap menjunjung tinggi kaidah jurnalistik dan meningkatkan keuntungan perusahaan," ujarnya.

Syaiful Anam juga menyebutkan dua hal penting yang perlu dilakukan dalam upaya penguatan media siber, yaitu profesionalisme dalam pemberitaan dan kemandirian perusahaan.

"Dengan menjaga kualitas konten dan bisnis yang sehat, media siber dapat berperan lebih baik dalam membangun demokrasi digital," imbuhnya.

Kesehatan Mental Pekerja Pers Jadi Sorotan

Salah satu topik menarik yang dibahas dalam acara ini adalah kesehatan mental pekerja pers.

dr. Rifatul Hasna M.Kes., Wadir Yanmed dan Keperawatan RSJ Menur Surabaya, memaparkan pentingnya menjaga kesehatan mental di tengah kesibukan pekerjaan.

"Stres kerja adalah hal yang umum terjadi. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental," ujar dr. Rifatul.

Ia memberikan beberapa tips untuk mengatasi stres, seperti menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan, berbicara dengan orang yang dipercaya, melakukan kegiatan yang menyenangkan, serta olahraga secara teratur.

BACA JUGA:Resmi Dilantik, Syaiful Anam Pimpin JMSI Jatim Periode 2022-2027

BACA JUGA:RSJ Menur Surabaya dan JMSI Jatim Jalin Kerjasama Layanan Publik dan Kesehatan

Lomba Karya Tulis dan Kolaborasi dengan RSJ Menur Surabaya

Dalam rangka meningkatkan kualitas karya jurnalistik, JMSI Jatim bekerja sama dengan RSJ Menur Surabaya menyelenggarakan lomba karya tulis.

Lomba ini menawarkan hadiah total sebesar Rp 25 juta.

"Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik yang berkualitas dan mengangkat isu-isu kesehatan mental," kata dr. Permata, salah satu juri lomba.

Penguatan Organisasi JMSI

Sekjen JMSI Jatim, Dr. Eko Pamuji M.I.Kom, juga menyampaikan materi terkait penguatan organisasi JMSI.

Ia menjelaskan berbagai program yang telah dan akan dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas anggota dan memperkuat jaringan kerjasama.

Sementara itu materi dari Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono tentang “Peran Media Siber Dalam Memperkuat Literasi Digital  Dalam Memperkuat Literasi Digital Untuk Membangun Demokrasi Digital yang Sehat” disampaikan oleh Eko Setiawan, S.I.Kom,M.Med.Kom, Ketua Tim Kerja Kemitraan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Jatim. (gus)

Sumber: