Lima Pebulutangkis Kabupaten Pasuruan Sumbang Perunggu di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Lima Pebulutangkis Kabupaten Pasuruan Sumbang Perunggu di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Para pebulutangkis kontingen Jatim yang sebagian berasal dari Kabupaten Pasuruan meraih perunggu PON Aceh-Sumut (dok: Erwin for Memorandum)--

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Torehan prestasi kembali diukir para atlet asal Kabupaten Pasuruan dalam ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024. Setelah Selam berhasil menyabet medali emas dan perunggu, kali ini prestasi juga diukir di cabang olahraga bulutangkis. 

BACA JUGA:Atlet Gantole Abdul Muhid Harumkan Lumajang dengan 3 Medali di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Lima atlet bulutangkis asal Kabupaten Pasuruan yang masuk di kontingen Jatim mampu menyabet medali perunggu. 

Kelima pebulutangkis itu adalah Yovandika, Cleopas Binar, W Krisnawardhani, Nadia Marshela, dan Dwi Nur Septiani. Mereka meraih medali perunggu untuk nomor beregu putra dan beregu putri.

BACA JUGA:Jatim Vs Jabar di PON XXI Aceh-Sumut 2024, Fakhri Husaini Inginkan Final Berkualitas

Kabar baik ini disampaikan Erwin Rendana Purnomo, Pelatih PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) Jatim. Melalui sambungan telepon, Erwin menyatakan, kedua tim Jatim sempat berjaya di babak penyisihan hingga perempat final. Namun pada babak semifinal, pada nomor beregu putra, Tim Jatim harus takluk oleh Tim DKI Jakarta. Sedangkan tim beregu putri Jatim kalah oleh tim Jabar di semifinal.

BACA JUGA:Tembus Final PON, PSSI Jatim Harap Bisa Kembali Rebut Emas

"Dengan kekalahan itu, secara otomatis Jatim dapat medali perunggu," kata Erwin melalui sambungan selulernya, Rabu 18 September 2024.

Dijelaskan Erwin, kelima atlet asal kabupaten ini kebetulan turun di nomor beregu dan nomor perseorangan. Namun masih ada kesempatan lain untuk kontingen Jatim merengkuh medali. Hal ini karena dua atlet bulutangkis asal Kabupaten Pasuruan, yakni Yovandika dan Cleopas Binar berhasil menembus babak semifinal, "Mereka masih bertanding hari ini, Rabu 18 September 2024. Semoga dapat menambah medali," harapnya. 

BACA JUGA:Atlet Selam Kabupaten Pasuruan Berjaya di PON XXI Aceh-Sumut dan Pecahkan Rekor Nasional

Keduanya bermain di sektor ganda putra dengan pasangannya masing-masing. Untuk Yovandika berpasangan dengan M.Fadel Ilyas. Sedangkan Cleopas berpasangan dengan Gilang Krisandi Toyo. "Masih melawan Jawa Barat," katanya.

Saat ditanya kans menang dan menembus babak final, Erwin mengaku 50-50. Dalam artian, kesempatan untuk menang masih terbuka lebar. Syaratnya mereka percaya diri dan tampil tanpa beban.

BACA JUGA:Jatim Rajai Loncat Indah PON XXI 2024

Di PON XXI cabor bulutangkis berlaga di GOR PBSI yang berada di Medan. Erwin menyebut, di ajang PON XXI kali ini, saingan Jatim bukan hanya tuan rumah. 

Sumber: