Kebakaran Pasar Comboran, Pj Wali Kota Malang Prihatin dan Harap Tidak Terulang

Kebakaran Pasar Comboran, Pj Wali Kota Malang Prihatin dan Harap Tidak Terulang

Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan meninjau Pasar Comboran yang terbakar.-Ariful Huda-

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM mengaku prihatin terhadap tragedi kebakaran di Pasar Comboran, Kota Malang. Peristiwa ini diharapkan sebagai bahan evalausi agar kejadian serupa tidak terulang.

BACA JUGA:Rakor di Bakesbangpol, Pj Wali Kota Malang Harap Pilkada Berlangsung Kondusif

Pj Wali Kota Malang mengapresiasi kesigapan petugas yang bahu-membahu memadamkan kobaran api di are Pasar Comboran, Jumat 13 September 2024 malam. Pada kejadian itu, petugas pemadam kebakaran (damkar) bergerak cepat memadamkan api dibantu Satpol PP, BPBD, TNI, Polri serta relawan. 

“Saya mengapresiasi dan terima kasih atas kolaborasi mengatasi kebakaran ini,” katanya.

BACA JUGA:Kunjungi Disnaker-PMPTSP, Pj Wali Kota Iwan Harap Optimalkan Layanan

Lebih kurang 60 petugas gabungan dan 4 unit mobil damkar diterjunkan menangani kebakaran ini, ambulans juga disiagakan. Tepat 3,5 jam api yang melahap gedung lantai 3 Pasar Comboran berhasil dipadamkan. 

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, sementara kerugian materiil tidak dapat terelakkan lagi. Sedangkan, tim Inafis dan Forensik Polresta Malang Kota masih mengidentifikasi penyebab terjadinya kebakaran. 

BACA JUGA:Tindak Lanjuti 11 Program Prioritas, Pj Wali Kota Malang Segera Rehabilitasi Gedung Sekolah

Pj Wali Kota Iwan Kurniawan menyampaikan kejadian ini menjadi pembelajaran dan evaluasi bersama khususnya menyangkut ketersediaan dan fungsi sarana prasarana. Selanjutnya, segera melakukan pertemuan dengan para stakeholder untuk membahas penanganan pasca terjadinya kebakaran Pasar Comboran ini.

“Saya merasa sedih dengan kejadian ini. Memang perlu ada perhatian khusus yang perlu didiskusikan terkait bagaimana fungsi pasar yang perlu ditata kembali sebagaimana mestinya. Pasca kebakaran ini, nanti kita akan bertemu dengan semua stakeholder termasuk paguyuban pedagang, nanti kita diskusikan bersama agar kejadian ini tidak terulang,” urai Iwan Kurniawan.

BACA JUGA:Sambut Pj Wali Kota Singkawang, Pj Wali Kota Malang Sampaikan Kuatnya Sinergi TSP

Sementara itu, Sekda Kota Malang Erik Setyo Santoso mengatakan sebagai fokus awal penanganan kebakaran, pihaknya akan melakukan sterilisasi untuk mendukung kelancaran proses identifikasi kejadian. Nantinya terkait dengan recovery pasca kebakaran, pihaknya akan melakukan identifikasi melalui tim teknis dari Pemkot Malang.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Iwan Pimpin Rakor Persiapan LSDP 6 Daerah Pilot Project

“Sementara yang menjadi fokus awal kita adalah mempercepat proses pemadaman dan mengetahui penyebab kebakaran. Setelah itu kita akan lakukan langkah-langkah taktis, kita akan turunkan tim teknis untuk menghitung kerugian, recovery, dan perbaikan pasar,” jelasnya. (pkp/ari)

Sumber: