Pagesangan dan Banjar Sugihan Raih ProKlim Lestari Kementerian LHK

Pagesangan dan Banjar Sugihan Raih ProKlim Lestari Kementerian LHK

Lurah Pagesangan Yudi Kurniawan (tengah) membawa trofi penghargaan Kampung ProKlim Lestari 2024 didampigi Camat Jambangan Ahmad Yardo Wifaqo (paling kiri). -Muchlis Darmawan-

SURABAYA, MEMORANDUM - Sebanyak 23 kampung di Kota Surabaya meraih penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Salah satunya Kelurahan Pagesangan. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen masyarakat dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di lingkungan setempat.

BACA JUGA:Pastikan Layanan Kementerian ATR/BPN Selalu Hadir, Menteri AHY Tinjau Layanan Tanah Akhir Pekan

Pemberian penghargaan itu dilakukan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, dalam puncak Festival LIKE 2 di Jakarta Pusat, Jumat 9 Agustus 2024). Pada tahun ini KLHK membagi dalam dua kategori nominasi yaitu ProKlim Lestari (tertinggi) dan ProKlim Utama.

BACA JUGA:Airlangga Mundur Muncul Gibran For Ketum Golkar, Sarmuji Yakin Bakal Muncul Kader Terbaik di Munas

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengapresiasi kerja keras masyarakat dan berbagai pihak yang telah berhasil meraih penghargaan ProKlim dari Kementerian LHK. Menurutnya, keberhasilan ini tidak terlepas dari sinergi dan gotong-royong antara masyarakat, pemerintah, serta stakeholder dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik.

BACA JUGA:Terus Menyerang, Sementara Persebaya Ditahan 0-0 PSS Sleman

"Kami sangat bangga dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah bekerja keras untuk menjadikan Surabaya sebagai kota yang peduli lingkungan. Penghargaan ini merupakan motivasi bagi kita semua untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup," katanya, Ahad 11 Agustus 2024.

BACA JUGA:Tiba di Kaltim, Menteri AHY Akan Ikuti Sidang Kabinet Paripurna Pertama Bersama Presiden di IKN

Ia mengungkapkan bahwa ada dua kampung di Surabaya yang berhasil meraih trofi ProKlim Lestari atau penghargaan kategori tertinggi dari Kementerian LHK. Kedua kampung itu adalah Kelurahan Pagesangan dan RW 1 Banjar Sugihan. "Jadi untuk bisa menjadi ProKlim Lestari itu harus membina 10 ProKlim Utama," tuturnya.

BACA JUGA:Ini Susunan Pemain Persebaya vs PSS di GBT

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Dedik Irianto mengungkapkan, salah satu faktor dua kampung di Surabaya berhasil meraih ProKlim Lestari. Salah satu faktor itu karena kedua lokasi ini telah melakukan berbagai inovasi yang berdampak positif pada lingkungan serta meningkatkan kualitas hidup warganya.

BACA JUGA:Jelang Laga Lawan PSS Sleman, Persebaya Umumkan Kerja Sama dengan 3 Supporting Partner dan 3 Supplier Partner

"Misalnya Kelurahan Pagesangan yang berhasil memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif, seperti Getol (Gesang Bawah Tol) yang semula tempat pembuangan sampah liar, sekarang menjadi ruang terbuka hijau yang ditanami sayuran untuk ketahanan pangan warga," katanya.

BACA JUGA:Unggul Head to Head atas PSS, Paul Munster: Pertandingan Pertama Selalu Sulit 

Sumber: