Komitmen Tingkatkan Derajat Kesehatan, Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan UHC 2024

Komitmen Tingkatkan Derajat Kesehatan, Pj Wali Kota Malang Terima Penghargaan UHC 2024

Pj Wali Kota Malang Wahyu HIdayat usai menerima penghargaan UHC.--

MEMORANDUM - Komitmen Pemkot Malang meningkatkan kualitas dan kemudahan akses pelayanan kesehatan menuai apresiasi. Pada perhelatan ‘UHC Award 2024, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menyerahkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) pada Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu, di Jakarta, Kamis 8 Agustus 2024.

Bersamaan, diterimakan penghargaan pada 33 provinsi dan 452 kabupaten/ kota atas dedikasi dan komitmen yang tinggi mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan Program JKN minimal 95% dari jumlah total penduduk. 

BACA JUGA:Pemkot Malang Berikan Pemahaman Media ke Pendidik

BACA JUGA:Pemkot Malang Kucurkan Bantuan Parpol Sebesar 4,3 Miliar, Pj Wali Kota Ajak Perkuat Kebersamaan

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menyebutkan per 1 Agustus 2024 capaian UHC Kota Malang mencapai 107,5%, meningkat dari 107,01% (1 Desember 2023) dan 106,5% (1 Desember 2022). 

Selain itu, hingga 1 Agustus 2024 tercatat sebanyak 844.252 orang (95,85%) menjadi peserta aktif JKN, angka ini naik dibandingkan Desember 2023 yang berada pada angka 832.611 orang.

Wapres RI KH Ma’ruf Amin menyampaikan UHC menjadi sebuah konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, bermutu, serta tanpa hambatan finansial. 

BACA JUGA:Kedubes Palestina Beri Penghargaan Kantor Imigrasi Malang atas Penegakan Hukum Berlandaskan Kemanusiaan

Disebutkan, per 1 Agustus 2024 jumlah peserta JKN-KIS telah mencapai 275 juta jiwa atau lebih dari 98% dari total penduduk Indonesia. Ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi antara BPJS Kesehatan, kementerian/ lembaga, dan juga seluruh pemerintah daerah.

Wapres mendorong seluruh pemerintah daerah untuk menyempurnakan cakupan peserta aktif dan memastikan perlindungan kesehatan penduduk secara menyeluruh agar mendapatkan layanan keseharatan yang baik. 

Wapres juga memotivasi daerah-daerah yang belum bisa mencapai target untuk mengoptimalkan melakukan akselerasi pencapaian UHC.

“Dukung optimalisasi pelaksanaan program JKN-KIS dengan menghadirkan layanan kesehatan yang terjangkau, berkualitas, dan merata bagi seluruh masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:Pemkot Malang Raih Terbaik 1 Pengendalian Inflasi Daerah, Pj Wali Kota Terima Penghargaan

BACA JUGA:Kado Manis HUT-110 Kota Malang, 2 BUMD Borong 7 Penghargaan Top BUMD Award 2024

Sumber: