Dukung Pengembangan Dunia Pendidikan, Bank Jatim Teken MoU dengan UNS

Dukung Pengembangan Dunia Pendidikan, Bank Jatim Teken MoU dengan UNS

Bank Jatim melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Sebelas Maret (UNS)--

MEMORANDUM - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tentang Kerja Sama Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Bertempat di Ruang Sidang 1 Gedung Dr. Prakosa UNS, penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Operasi bankjatim Arif Suhirman dengan Plt. Rektor UNS Chatarina Muliana.

Arif menjelaskan, rencana kerja sama yang akan dilakukan ke depannya dengan UNS meliputi banyak hal. Antara lain pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan dan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) dengan tetap mempertimbangkan peraturan, kebijakan, dan prosedur yang berlaku di lingkungan antara kedua belah pihak. 

”UNS merupakan nasabah potensial Bank Jatim Cabang Madiun dengan potensi kelolaan DPK funding & lending pada Kampus Caruban yang cukup besar. Jadi kami sangat berterima kasih dan bersyukur atas kerja sama yang insya allah akan membawa berkah dan manfaat positif untuk kedua belah pihak ini,” paparnya.

BACA JUGA:Kejari Kabupaten Malang Tahan Debitur Fiktif Bank Jatim, Kerugian Capai Rp8 Miliar Lebih

Menurut Arif, peluang kerja sama bisnis yang bisa dikembangkan antara BJTM dengan UNS tidaklah sedikit. Seperti peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) terutama pada segmen Giro Korporasi, pengoptimalan pelayanan serta pengelolaan dana melalui penerimaan pembayaran UKT mahasiswa, potensi penerimaan fee based income melalui implementasi Virtual Account (VA) pembayaran dan e-channel milik bankjatim, serta pembiayaan kredit kepada para dosen dan karyawan di lingkungan UNS. Baik berupa KMG, KPR, serta kredit lainnya.

”Tidak dipungkiri perkembangan dunia perbankan yang pesat memudahkan bankjatim dan UNS untuk berkolaborasi melalui bidang pendidikan, pelayanan, maupun bidang-bidang lainnya. Kami harap kerja sama ini bukan hanya mencari keuntungan saja, tapi juga bisa menebarkan manfaat,” imbuh Arif.

Di sisi lain, penandatanganan MoU tersebut akan menambah kerja sama BJTM dengan perguruan tinggi yang sudah ada. Hal ini menunjukkan kepedulian bankjatim terhadap kemajuan dunia pendidikan dan sekaligus sebagai upaya dalam peningkatan corporate image perseroan.

”Bank Jatim memang menaruh perhatian serius terhadap dunia pendidikan dengan terus mendukung berbagai program pengembangan pendidikan di Indonesia. Kami selalu antusias dengan sinergi yang terjalin antara dunia perbankan dan akademisi. Sebab, ini merupakan langkah penting dalam menciptakan generasi muda yang siap menghadapi tantangan global," tegas Arif.

BACA JUGA:Bank Jatim Dukung Pemprov Salurkan Bantuan ke Ribuan Buruh Pabrik Rokok

Sementara itu, Chatarina Muliana sangat menyambut baik kerjasama dengan bankjatim. Menurutnya, kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam mengukuhkan sinergi yang akan memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak, khususnya dalam mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. 

“Momentum ini merupakan langkah strategis untuk memajukan SDM Indonesia unggul. Kami senang walaupun Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, namun tidak bergerak di wilayahnya saja. Kami mengucapkan terima kasih dan berharap semoga ikhtiar kita untuk menjalankan komitmen bersama dalam rangka untuk mencapai peningkatan kualitas SDM, khususnya UNS, dapat tercapai,” ujarnya. (day)

Sumber: