Sambut Bulan Kemerdekaan, Warga RT 7 Dukuh Setro Gotong Royong Hias Kampung

Sambut Bulan Kemerdekaan, Warga RT 7 Dukuh Setro Gotong Royong Hias Kampung

Warga saling bahu membahu mengecat gapura di Jalan Dukuh Setro VII, Gading, Tambaksari.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI), warga RT 7/RW 8 Dukuh Setro, Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari gotong royong mempercantik lingkungan kampung.

Supardi, ketua RT setempat mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setahun sekali menjelang bulan Agustus. Warga kompak berbondong-bondong menghias gapura, mengecat paving, bak sampah, pot bunga, dan tiang penerangan jalan umum (PJU).

"Kegiatan menghias ini dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan, seluruh warga kompak melaksanakan kerja bakti mulai dari Minggu pagi sampai malam. Alhamdulillah tuntas diakhiri dengan pengecatan gapura," terang Supardi, Senin, 29 Juli 2024.

Selain mempercantik lingkungan kampung, pihaknya bersama Karang Taruna RT 7/RW 8 Gading juga menggelar lomba antarwarga untuk memeriahkan suasana.

BACA JUGA:Peringati Hari Kemerdekaan, Warga RT 2 Mrutu Kalianyar Jalan Sehat dan Senam Bersama

Kegiatan lomba ini diikuti oleh seluruh kelompok usia, mulai dari anak-anak, remaja, bapak-bapak, dan kalangan emak. Diharapkan masyarakat semakin harmonis, saling mengapresiasi, serta menjunjung tinggi tali persaudaraan sebangsa dan setanah air.

Melalui serangkaian kegiatan tersebut, Supardi berpesan kepada generasi muda setempat agar dapat memaknai Hari Kemerdekaan dengan bijak. Dikatakan bahwa Hari Kemerdekaan merupakan cita-cita bangsa yang diperjuangkan dengan tumpah darah oleh nenek moyang dan para pahlawan.

"Sebagai orang tua, kami berharap para generasi muda lebih semangat, mempelajari, dan menghayati betul makna Hari Kemerdekaan. Karena seringkali anak muda tidak tahu bagaimana perjuangan para pahlawan dulu, yang ini kemudian harus dijadikan pembelajaran di masa sekarang," tandas Abah Pardi, sapaan karib Supardi.

Selanjutnya, warga akan memasang umbul-umbul supaya suasana kampung semakin semarak dalam menyambut Hari Kemerdekaan.

BACA JUGA:Berlomba Hias Kampung Sambut Hari Kemerdekaan

Kemudian pada malam 17 Agustus 2024, warga berencana mengadakan tasyakuran sebagai ungkapan rasa syukur dan mendoakan para pahlawan yang telah berjasa mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (bin)

Sumber: