Jaga Kelestarian Sumber Air Baku, PDAM Surya Sembada Gelar Penanaman Pohon di Plintahan

Jaga Kelestarian Sumber Air Baku, PDAM Surya Sembada Gelar Penanaman Pohon di Plintahan

Direktur Operasi PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Nanang Widyatmoko didampingi perwakilan jurnalis Surabaya dan Kapolsek Pandaan Kompol Bambang Sucahyono dan Danramil 0819/18 Pandaan Kapten Arh Indar Sumarsono--

SURABAYA, MEMORANDUM - Sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan, khususnya sumber air baku, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menggelar kegiatan penanaman pohon di Sumber Air Plintahan, Pasuruan, Jum'at 26 Juli 2024.

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya melibatkan para jurnalis dan konten kreator dalam program corporate social responsibility (CSR) dan bertujuan untuk memperkuat sinergi dengan lintas sektor serta melestarikan sumber daya air.

Direktur Operasi PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Nanang Widyatmoko mengatakan, kegiatan penanaman pohon dilakukan di Sumber Air Plintahan, yang merupakan sumber air baku bagi PDAM Surabaya. 

"Penghijauan di Plintahan ini rutin kami lakukan tiap tahun sebagai upaya melestarikan sumber air baku PDAM Surya Sembada," ujarnya.

BACA JUGA:Perbaikan Pipa Bocor PDAM di Jalan Joyoboyo Telah Selesai

Ada 30 bibit pohon yang ditanam, seperti mangga Gadung Mentega, Lali Jiwo, dan Kiojay. Jenis tanaman tersebut dipilih karena memiliki manfaat ganda, yaitu menjaga kelestarian sumber air dan menghasilkan buah yang berkualitas.

Nanang menabahkan PDAM Surya Sembada sebenarnya memiliki 16 sumber air baku yang terletak di sejumlah lokasi. Namun yang masih beroperasi saat ini 12 sumber. Termasuk salah satunya di Sumber Air Plintahan Pasuruan ini. 

"Sumber air baku kami ada 3, yang pertama paling besar dari sumber air Sungai Brantas yang berkapasitas 11.800 liter per detik. Sementara dari sumber air Plintahan ini hanya 300 liter per detik, memang sedikit sekali. Sedangkan sumber air dari Umbulan yang merupakan proyek strategis nasional yang dulu memasang pipa besar di sepanjang jalan tol itu kami dapat 17 liter per detik, " jelasnya. 

Sementara Ketua Kelompok Kerja Wartawan Taman Surya (POTAS) Surabaya, Robby Julianto, menyatakan dukungannya terhadap kegiatan penghijauan.

BACA JUGA:Air PDAM Mampet, Warga Tak Mandi 2 Hari

"Gerakan penanaman bibit pohon ini diharapkan bisa mempertahankan sumber air untuk pemenuhan kebutuhan air warga kota Surabaya. Hal ini tidak bisa hanya diserahkan pada PDAM, perlu kepedulian dan dukungan dari semua pihak, termasuk media," paparnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada PDAM yang sudah melibatkan teman teman jurnalis Surabaya dalam kegiatan bakti lingkungan ini. 

"Semoga PDAM ke depan diberikan kelancaran dalam usahanya sehingga dapat terus meningkatkan layanannya bagi warga kota Surabaya," pungkasnya.(alf)

Sumber: