Polsek Manyar Jalin Kemitraan dengan Perguruan Silat melalui Cangkrukan Kamtibmas

Polsek Manyar Jalin Kemitraan dengan Perguruan Silat melalui Cangkrukan Kamtibmas

Kapolsek Manyar AKP Tatak Sutrisno beserta jajaran, perwakilan Kecamatan Manyar, Kepala Desa Pongangan, bersama ketua perguruan silat.--

GRESIK, MEMORANDUM - Polsek Manyar menggelar cangkrukan kamtibmas bersama perwakilan dari berbagai perguruan silat di Kecamatan Manyar, yang berlangsung di Caffe Wolulas, Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara kepolisian dan masyarakat, khususnya para pendekar silat, dalam menjaga kondusifitas wilayah, Rabu malam, 24 Juli 2024.

Kapolres Gresik AKBP Arief Kurniawan,S.I.K., diwakili Kapolsek Manyar AKP Tatak Sutrisno beserta jajaran, perwakilan Kecamatan Manyar, Kepala Desa Pongangan, serta ketua dari berbagai perguruan silat seperti PSHT, IKS, PSHW, dan PN.

Dalam sambutannya, Kapolsek Manyar AKP Tatak Sutrisno menekankan pentingnya menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, terutama menjelang Pilkada serentak. Pihaknya juga mengingatkan para pendekar agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan aksi kekerasan yang dapat merugikan diri sendiri dan organisasi.

BACA JUGA:Polsek Manyar Ringkus Maling Motor 3 TKP

Menyoroti kasus penganiayaan terhadap petugas Polri di Jember yang melibatkan oknum perguruan silat, Kapolsek berharap kejadian serupa tidak terulang di wilayah Manyar. Kapolsek mengajak seluruh perguruan silat untuk bersama-sama menjaga kerukunan dan menghindari provokasi yang dapat memicu konflik.

"Perguruan silat memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Mari kita jalin kerjasama yang baik untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga," ujar Kapolsek.

Senada dengan Kapolsek, Kepala Desa Pongangan Aan Chunaifi juga mengapresiasi inisiatif Polsek Manyar dalam menggelar kegiatan ini. Beliau menyebut bahwa para pendekar silat di Kecamatan Manyar selama ini aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan selalu siap membantu masyarakat.

Sebagai bentuk komitmen bersama, seluruh peserta cangkrukan menandatangani ikrar yang berisi janji untuk menjaga keamanan dan ketertiban, menjalin silaturahmi, serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA:Kapolsek Manyar Berbagi Takjil Kepada Pemulung

Dengan adanya cangkrukan kamtibmas ini, diharapkan sinergi antara kepolisian dan perguruan silat semakin solid sehingga dapat menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di Kecamatan Manyar. (hms/day)

Sumber: