Dukung Invensi dan Inovasi, Kemenkumham Maluku Gelar Bimtek Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten

Dukung Invensi dan Inovasi, Kemenkumham Maluku Gelar Bimtek Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten

Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo membuka kegiatan Bimtek--

AMBON, MEMORANDUM - Tingkatkan pemahaman dan kompetensi para inventor di lingkungan Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang dalam melakukan penelusuran dan pemanfaatan informasi paten, Kanwil Kemenkumham Maluku menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk penelusuran dan pemanfaatan informasi paten, Rabu 24 Juli 2024.

Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa informasi paten merupakan sumber informasi penting bagi para inventor dalam mengembangkan invensinya dan memastikan bahwa invensinya belum didaftarkan oleh pihak lain.

“Informasi paten sangatlah penting bagi para inventor untuk mengetahui perkembangan teknologi terkini dan memastikan bahwa invensinya belum didaftarkan oleh pihak lain. Oleh karena itu, Kanwil Kemenkumham Maluku berkomitmen untuk terus meningkatkan pemahaman dan kompetensi para inventor dalam melakukan penelusuran dan pemanfaatan informasi paten,” ujar Kakanwil. 

Melalui kegiatan Bimtek ini, Kakanwil berharap para inventor di lingkungan Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang di Maluku dapat lebih memahami dan mampu memanfaatkan informasi paten dengan baik untuk mendukung pengembangan invensi dan inovasi di daerahnya. 

BACA JUGA:Raih Penghargaan Operator BMN Terbaik se-Maluku, Kakanwil Hendro Beri Apresiasi Jajaran

Bimtek ini menghadirkan dua narasumber ahli dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) diantaranta Pemeriksa Paten Ni Putu Yuliastri dan Ari Wardani. Para narasumber memaparkan materi tentang berbagai sumber informasi paten yang dapat diakses oleh para inventor, cara melakukan penelusuran informasi paten secara efektif, serta tips dan trik untuk memanfaatkan informasi paten dalam mengembangkan invensi.

Selain pemaparan materi, para peserta Bimtek juga berkesempatan untuk mempraktikkan secara langsung cara melakukan penelusuran informasi paten pada berbagai platform, seperti PDKI, Google Patents, Espacenet, dan Patentscope.

Berlangsung di Banda Neira Room Hotel Swissbel Ambon, kegiatan dihadiri oleh Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Ernie Nurheyanti Toelle, Kadiv Administrasi Muh. Akram, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas serta diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang di Maluku.(mik)

Sumber: