Menang 6-2 atas Timor-Leste, Indonesia Juara Grup A

Menang 6-2 atas Timor-Leste, Indonesia Juara Grup A

-Istimewa-

SURABAYA, MEMORANDUM - Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal usai menjadi juara grup A di ajang Asean U-19 Boys Championship 2024. Kepastian ini usai berhasil menang telak atas Timor-Leste dengan skor 6-2.

BACA JUGA:Unggul 3-1 Atas Timor-Leste, Satu Kaki Indonesia Berada di Semifinal

Di babak pertama pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Garuda Muda berhasil unggul 3-1 lewat dua gol Jens Raven dan Figo Dennis. Gol balasan Timor-Leste dicetak oleh Ricardo Dos Santos melalui titik putih. 

Di babak kedua Coach Indra Sjafri melakukan rotasi dengan menggantikan 3 pemain sekaligus. Figo Denni, M Iqbal Gwijangge, dan M Ragil keluar digantikan Toni Firmansyah, Meshaal Hamzah, dan Arkhan Kaka. 

BACA JUGA:Disindir Media Vietnam Kesulitan Menang Atas Kamboja, Ini Jawaban Menohok Indra Sjafri

Pergantian tersebut cukup sukses karena Indonesia berhasil mencetak 3 gol dan kebobolan 1 gol. 

Pada menit ke-51, Kadek Arel berhasil mencetal gol keempat timnas melalui tandukan. M Kafiatur kembali memberikan assist cantik melalui sepak pojok dan membuat Indonesia unggul 4-1.

Dua menit berselang, giliran Arkhan Kaka tidak mau kalah, pemain Persis Solo ini berhasil mencetak gol usai mendapatkan umpan pendek manis dari Raven dan membuat Garuda Muda menjauh 5-1.

BACA JUGA:Hadapi Timor-Leste, Indonesia Tetap Turunkan Pemain Terbaik

M Kafiatur bermain sangat luar biasa pada pertandingan kali ini. Kali ini ia berhasil mencetak gol melalui tendangan keras jarak jauh pada menit ke-57 dan merubah skor menjadi 6-1.

Menit ke-75 Timor-Leste mendapatkan peluang melalui Ario Melio. Berhasil mencuri bola dari kaki pemain timnas, Ario melalukan solo run dan melesahkan tendangan ke pojok kanan bawah. Namun berhasil digagalkan penjaga gawang I Wayan Arta Wiguna. 

BACA JUGA:Asean U-19 Boys Championship 2024, M Kafiatur Jadi Aktor Kemenangan Timnas 2-0 atas Kamboja

Kesalahan kembali dilakukan pertahanan timnas usai salah nelakukan operan. Vabio Canavaro yang berhasil lolos melesahkan tendangan keras yang masih sedikit di atas gawang. 

Timor-Leste sedikit demi sedikit berhasil lepas dari tekanan Indonesia. Pada menit ke-86 Bahkito berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 6-2. Mendapatkan umpan dari Uaitila Aprilio Ferreira, Bahkito yang mendapatkan pengawalan ketat tiga pemian berhasil melesahkan tembakan ke kanan gawang dan menghujam jala kiper Wiguna. 

Sumber: