Kemenkumham Jatim Gelar Wawancara Enam Pemohon Kewarganegaraan Indonesia

Kemenkumham Jatim Gelar Wawancara Enam Pemohon Kewarganegaraan Indonesia

Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar sesi wawancara dan pemeriksaan substantif kepada enam orang pemohon Kewarganegaraan Indonesia--

SURABAYA, MEMORANDUM – Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar sesi wawancara dan pemeriksaan substantif kepada enam orang pemohon Kewarganegaraan Indonesia, Senin 22 Juli 2024. Tahapan ini menjadi salah satu syarat penting sebelum para warga asing itu menjadi warga negara Indonesia.

"Ada empat orang warga asing yang memohonkan menjadi WNI, satu berstatus anak berkewarganegaraan ganda dan satu lainnya mengajukan permohonan penegasan sebagai warga negara Indonesia," ujar Kadiv Yankumham Kanwil Kemenkumham Jatim, Dulyono.

Pemohon yang hadir berasal dari berbagai negara. Mulai dari India, China, Pakistan hingga Jepang. Mereka mengikuti proses pemeriksaan substantif sesuai dengan Pasal 8 Undang-undang No. 12 tahun 2006 dan Pasal 3A Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2022.

“Proses pemeriksaan subtantif pewarganegaraan ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam memastikan pemohon memenuhi persyaratan yang ditentukan dan memiliki komitmen untuk menjadi Warga Negara Indonesia yang baik,” lanjut Dulyono.

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Dukung Penuh Rakordal Program Dukungan Manajemen Tahun 2024

Pemeriksaan substantif ini, lanjut Dulyono, merupakan salah satu tahapan penting dalam proses pewarganegaraan Indonesia. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pemohon memenuhi persyaratan yang ditentukan dan memiliki komitmen untuk menjadi Warga Negara Indonesia yang baik.

"Jadi tidak hanya administratif saja, tetapi negara juga akan memastikan bahwa komitmen dari calon WNI tidak main-main," tegas Dulyono.

Lebih lanjut, Dulyono menjelaskan bahwa hasil pemeriksaan subtantif akan dituangkan dalam bentuk Berita Acara. 

"Berita Acara Pemeriksaan Subtantif akan kami kirim ke Menteri Hukum dan HAM melalui Ditjen AHU untuk menjadi pertimbangan apakah pemohon diterima atau ditolak permohonan pewarganegaraannya,” imbuhnya.

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Dorong Percepatan Penunjukan Pemegang Protokol Notaris Sidoarjo yang Meninggal Dunia

Acara Pemeriksaan Substantif Permohonan Kewarganegaraan Indonesia ini dihadiri oleh para pejabat Kanwil Kemenkumham Jatim, Tim Evaluasi Terpadu dan para pemohon beserta keluarga.(mik)

Sumber: