Siagakan Petugas Keimigrasian, Kanim Ambon Layani 1.067 Jemaah Haji Maluku Debarkasi Makassar

Siagakan Petugas Keimigrasian, Kanim Ambon Layani 1.067 Jemaah Haji Maluku Debarkasi Makassar

Kanwil Kemenkumham Maluku dalam pemeriksaan dokumen yang dilakukan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. -Sujatmiko-

MALUKU, MEMORANDUMKanwil Kemenkumham Maluku, melalui Divisi Keimigrasian dan Kantor Imigrasi Kelas I Ambon berhasil menyelesaikan pemeriksaan dokumen Keimigrasian Debarkasi Haji Kloter UPG 27, 30 dan 32 pada Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Maluku Tahun 1445 H/2024 M dengan lancar dan kondusif.

BACA JUGA:Kemenkumham Maluku Buka Ruang Dialog Bahas UU Bantuan Hukum

Kepala Subbidang Informasi Keimigrasian Endra Andie Aryanto selaku perwakilan Kanwil Kemenkumham Maluku dalam pemeriksaan dokumen yang dilakukan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tersebut menjelaskan bahwa Kanwil Kemenkumham Maluku telah melakukan clearance pada 3 kloter jemaah haji yakni kloter 27, 30 dan 32 sertibanya di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan penerbangan GIA1227, GIA1230, dan GIA1232 dari Bandara Prince Mohammed Bin Abdulaziz International Airport Madinah.

BACA JUGA:Kemenkumham Maluku Ajak Stakeholder dan Masyarakat Kenali Indikasi Geografis dan Kekayaan Intelektual Komunal

Sebanyak 1.067 jemaah haji dari 3 kloter tersebut mengikuti proses pemeriksaan dokumen keimigrasian dengan tertib dan lancar, dengan rincian 446 jemaah kloter 27 pada Sabtu 13 Juli 2024, 444 jemaah kloter 30 pada Senin 15 Juli 2024, dan 1.177 jemaah kloter 32 pada Selasa 16 Juli 2024.

BACA JUGA:Dialog Bersama RRI Ambon, Kemenkumham Maluku Bahas Upaya Perlindungan Anak dari Kekerasan Seksual

Lebih lanjut, Endra menambahkan bahwa setelah pemeriksaan selesai, para jemaah haji melanjutkan perjalanan menuju Bandara Pattimura Ambon dengan tiga penerbangan domestik, yaitu JT-3872, JT-3874, dan JT-3782 di hari yang sama saat kedatangan. 

BACA JUGA:Wujudkan Perda Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat, Kabupaten Buru Koordinasi Kemenkumham Maluku

Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo secara terpisah menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran atas komitmen dan kinerja dalam memastikan kelancaran proses pemeriksaan dokumen debarkasi haji Kloter UPG 30 ini.

BACA JUGA:Tenaga Perancang Kemenkumham Maluku Mantapkan Konsepsi Ranperbup Maluku Tengah

“Terima kasih kepada seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Ambon atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam memastikan kelancaran proses pemeriksaan dokumen debarkasi haji Kloter UPG 27, 30, dan 32. Hal ini merupakan bukti komitmen dan kinerja Kanwil Kemenkumham Maluku dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya bagi para jemaah haji yang baru saja kembali dari Tanah Suci,” ujar Hendro.

BACA JUGA:Hebat! Kemenkumham Maluku 15 Kali Raih WTP Berturut-turut

Kakanwil juga menyampaikan bahwa kelancaran proses debarkasi haji merupakan salah satu fokus utama Kanwil Kemenkumham Maluku. Beliau berharap agar para jemaah haji dapat merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam proses kepulangan mereka ke tanah air. (*)

Sumber: